Nikah Adat Penyewaan Baju Khas Daerah Laris Manis

KBRN,Palangka Raya : Awal januari 2021 ini penyewaan baju khas daerah yang digunakan untuk nikah adat banyak di lakukan warga Kota Palangka Raya sehingga laris manis, meski pandemi covid-19 usaha tidak serami sebelum pandemi namun para pemilik sanggar tari atau penyewaan baju adat kebanjiran orderan.

Pemilik sanggar seni budaya Kahanjak Huang Marini kepada rri jumat (22/01/21) mengatakan kebanyakan baju adat di cari untuk sepasang pengantin yang akan melaksanakan nikah adat, namun untuk acara formil atau pagelaran seni saat pandemi ini kurang peminat.harga sewa baju di sanggar seni budaya Kahanjak Huang dari harga Rp.1000.000 hingga premium Rp.1.800.000,.

” harga bervariasi ya mba sesuai harga,” kata Marini

Lain hal yang diungkapkan pemilik Galeri Manik Putri mengatakan kebanyakan penyewa baju adat ditempatnya sepasang pengantin yang sudah berlangganan dan tau bahwa baju adat khas dayak yang paling bagus atau premiur bertabur manik dengan tingkat kerumitan tinggi dalam pembuatan di hargai Rp 2.500.000 sepasang dengan atribut lengkap kisaran baju adat yang disewakan dari Rp.1.500.000 hingga Rp. 2 jutaan.

” biasa yang ada maniknya full payet harga mahal mba karena tingkat pembuatannya sulit,. ”jelas Putri

Meski pasaran sewa baju adat dimasa pandemi covid-19 berkurang dari sebelum pandemi namun para penggiat seni budaya kalteng tetap bersyukur masih ada pemasukan bagi galeri atau sanggar yang dibentuk meski tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00