Harga Cabai di Palangka Raya Meroket

KBRN, Palangka Raya : Walaupun pandemic covid 19 masih terjadi , namun geliat harga di  pasar tradisonal Kota Palangka Raya tetap ikut berfluktuasi. Terakhir harga yang terlihat mengalami kenaikan cukup besar adalah harga cabai yang hari Sabu (28/11/2020) ini dibandrol dengan harga  70 ribu rupiah per kilogramnya. Sementara untuk harga komoditas lainnya cenderung stabil seperti halnya bawang merah, bawang putih, daging ayam dan telur. Untuk harga bawang merah hari ini di Pasar Rajawali PalangkaRaya berada di kisaran 40 ribu rupiah,bawang putih 28 ribu rupiah. Sementara daging ayam berada di kisaran 42 ribu rupiah.

Kepada RRI, seorang penjual cabai dan sayur mayur di Pasar Palangka Raya, Lina mengatakan, harga cabai mengalami kenaikan yang cukup tinggi selama tiga hari terakhir ini. Dari mulai harga 50 ribu, 60 ribu hingga pada akhirnya melonjak pada harga 70 ribu hari ini. Lina mengatakan kemungkinan kenaikan harga ini disebabkan adanya distribusi yang kurang lancar dari pihak petani. Kemungkinan lainnya adalah kondisi cuaca ekstrim di Kalimantan Tengah yang membuat produksi cabai mengalami penurunan. Sementara itu harga daging ayam di Pasar Rajawali juga mengalami kenaikan walaupun tidak signifikan.

“Dalam tiga hari terakhir harga ayam cenderung berfluktuasi dari harga 35 ribu berubah menjadi 30 ribu dan terakhir 40 ribu rupiah,” jelasnya.

Walau pun diketahui pasti bahwa peternakan ayam di Kota Palangka raya sebenarnya masih kurang mencukupi kebutuhan daerah.

Selain itu kondisi pasar Rajawali masih terlihat bergeliat seperti halnya pasar pasar lainnya di kota palangkaraya. Kondisi transaksi dan jual beli serta kunjungan masyarakat relative masih ramai dan ikut mempertahankan kondisi ekonomi daerah yang asih terkendala pandemic covid 19.(NATA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00