KADIN Kalteng : UMKM Penyokong Utama Ekonomi Indonesia Selama Pandemi

KBRN, Palangka Raya : Semasa pandemic covid 19, perekonomian Indonesia bergitu terpukul dan terpuruk ke titik terendah. Namun nyatanya ekonomi nasional masih bertahan hingga saat ini, walau mengalami kemerosotan. Ternyata di luar dugaan, penyelamat ekonomi Negara bukan berasal dari pengusaha besar dan elit. Namun justru dari kalangan pengusaha kecil dan menengah. Mereka ada di sekitar kita yakni seperti halnya pedagang asongan, pedagang kue basah, pedagang bakso pedagang pecel lele dan sebagainya.

Kepada RRI, Ketua Kamar Dagang Indonesia atau KADIN Kalimantan Tengah, Tugiyo Wiraatmaja, Jumat (27/11/2020)  mengungkap pengusaha kalangan kecil atau sector UMKM  ini berkontribusi  besar dalam mempertahankan ekonomi Indonesia  selama pandemic covid 19 ini. Mereka bagaikan akar yang mencengkeram kuat ketika pohon digoyang angin kencang . Prosentas pengusaha dan pedagang kecil ini bahkan mencapai lebih dari 90 persen pengusaha di Indonesia. Mereka jugalah yang harusnya dilibatkan dalam Program Pemulihan Ekonomi NAsional atau PEN. Dengan demikian justru mereka kalangan pengusaha kecil ini harus mendapatkan  sosialisasi soal program PEN dan juga pemberian stimulant usaha.

“Kalangan ini harus mendapatkan arahan dan pendampingan yang benar bagaiamana menjalankan aktivitasnya selama pandemic covid 19 ini,” jelasnya.

Sementara itu, seorang pengamat ekonomi Palangka Raya, Miar Bakar mengungkapkan pemulihan ekonomi Indonesia memang membutuhkan waktu dan proses recovery atau pembangunan kembali.

“Jika suntikan stimulant dan instrument kebijakan diterapkan dengan baik maka ia optimis ekonomi akan pulih kembali,” jelasnya.

Memang memulihkan ekonomi yang dilanda covid 19 ini memerlukan proses dan waktu. Namun jika pengusaha kecil selaku penyokong ekonomi Negara ini didorong dengan baik , maka harapan besar ekonomi akan pulih kembali masih ada. (NATA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00