OJK Awasi Perbankan dan Debitur Program Sejuta Rumah

KBRN, Palangka Raya : Pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ikut mengawasi penyaluran kredit rumah bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah, guna mendukung program sejuta rumah yang telah dicanangkan oleh pemerintah. 

Menurut Kepala OJK Kalimantan Tengah, Otto Fitriandi kepada RRI, pengawasan terhadap perbankan yang menyalurkan kredit kepada debitur, rutin dilakukan oleh pihaknya. Namun khusus bagi bank  yang berkantor di Jakarta, dilakukan langsung oleh tim pengawas di pusat. Namun di Kalimantan Tengah, pihaknya juga melakukan pengawasan tapi secara tidak langsung agar program tersebut bisa tepat sasaran dan berkelanjutan. 

"Di sini, Bank Kalteng dilakukan oleh kami. Tapi kami juga melakukan pengawasan tidak langsung terhadap bank yang berkantor pusat di Jakarta. Misalnya nanti perizinan, buka kantor cabang atau segala macam, itu kami yang melakukan pengawasan. Jadi disini (Kalteng,red) kami kira bank sudah menyalurkan kredit subsidi untuk program sejuta rumah," tambah Otto, Selasa (24/11/20).

Sementara itu di tempat terpisah, Ketua DPD Realestate Indonesia (REI) Kalimantan Tengah, Frans Martinus mengakui, secara umum program sejuta rumah sudah berjalan dengan baik dan para pengembang sampai saat ini masih menjalankan aktivitasnya. 

Dijelaskan Frans, pada awal Bulan April lalu, tepatnya pada saat merebaknya Pandemi Covid-19, keluarlah kebijakan dari perbankan bahwa proses pengajuan calon debitur ke bank penyelenggara kredit perumahan ditunda sementara untuk efisiensi, sehingga pelayanan terhadap kepemilikan rumah tidak berjalan secara maksimal. Ditambahkan Frans, pengembang dalam membangun perumahan, tergantung dari permintaan yang terjadi karena ada daya beli yang membaik serta ekonomi meningkat. 

"Semua tetap berjalan, hanya tidak secara maksimal. Dalam artian penjualan kita itu drop sampai 70 persen. Semua data bisa dikonfirmasi dengan pihak perbankan yang notabenenya muara dari proses program sejuta rumah itu ada di perbankan. Ke depan semoga pandemi ini cepat berlalu dan teman-teman bisa kembali melaju," ungkapnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00