Pengamat : Perkenalkan Pertanian , Perlu Perubahan Pola Pikir Fundamental

KBRN, Palangka Raya : Guna menarik minat generasi muda untuk mau terjun dalam sektor pertanian perlu adanya perubahan pola pikir yang fundamental. Jika dulunya anak muda terbiasa berfikir untuk bekerja menjadi pegawai, PNS atau pengusaha, maka perlu ada perubahan pemikiran bahwa menjadi petani juga menjanjikan.

Kepada RRI, seorang praktisi Pertanian Kalimantan Tengah, Baini, Minggu, (25/10/2020) mengungkap bahwa profesi petani saat ini justru lebih menjanjikan. Perlu ditanamkan bahwa pertanian tak hanya soal bercocok tanam demi bertahan hidup. Namun juga merupakan sebuah bidang yang bisa memberi keuntungan dan menjadi sebuah wahana bisnis yang memiliki prospek jangka panjang. Anak muda perlu diberi pemahaman bahwa pertanian merupakan sebuah karier yang memiliki potensi menjanjikan di  masa depan seperti halnya pegawai negeri, pekerja swasta atau pengusaha. Ia mengungkap bahwasanya pekerjaan menjadi petani membutuhkan keahlian, pengetahuan, kemampuan dan manajerial yang baik seperti halnya menajdi seorang praktisi kesehatan atau hal lainnya.

“Dengan demikian pekerjaan menjadi petani bukanlah pekerjaan yang ketinggalan jaman atau kurang bergengsi,” jelasnya,

Lebih jauh Baini juga mengajak kalangan pendidikan untuk ikut mempromosikan sektor pertanian ini menjadi sebuah bidang yang menarik. Diantaranya adalah dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan pertanian menjadi pekerjaan yang memiliki potensi menjanjikan. (NATA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00