Harga Tabung Gas Isi 3 Kg Di Tingkat Pengecer Melambung Tinggi

KBRN, Palangka Raya : Harga Tabung gas lpg isi 3 kg di palangka raya melambung tinggi, di tingkat pengecer saat ini berkisar Rp 26 hingga 30 ribu pertabung.

Hal ini diakui warga Palangka Raya Tirmizi, pihaknya bahkan sering tidak kebagian tabung gas subsidi dari pemerintah di tingkat pangkalan lantaran selalu habis, alhasil dengan terpaksa ia membeli di tingkat pengecer dengan harga mahal.

“Untuk itu kami berharap kepada pihak terkait dalam hal ini aparat keamanan, dapat  menelusuri, permainan harga dari agen pangkalan hingga ke pengecer, pasalnya warga yang membutuhkan gas dengan harga murah seringkali tidak kebagian gas tabung isi 3 kg,” kata Miji kepada RRI Jum’at (24/9/20)

Menanggapi adanya permainan harga, salah satu pangkalan di Palangka Raya Subarnadi, membantah kabar tersebut, karena selama ini harga yang dijual ke masyarakat sesuai dengan harga eceran tertinggi yang sudah diatur Dinas Perindustrian Dan Perdagangan, yakni Rp 18 ribu pertabung.

“Persoalan di tingkat pengecer menjual melebihi harga eceran tertinggi, diduga modal yang dibeli dari agen sudah mahal,” ungkapnya

Selama ini kata Subar, harga di tingkat pangkalan pengawasannya sangat ketat, bahkan masyarakat bisa mengadukan bila ada penyimpangan harga.

Di tempat terpisah, menanggapi gejolak harga tabung gas isi 3 kilogram, Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Palangka Raya Rawang secara tegas, meminta seluruh agen dan pangkalan tidak menjual gas di atas HET yang sudah ditentukan.

“Kalau ada yang kepergok menjual dengan harga mahal, pihaknya tak segan menindak tegas, dan mencabut ijin agen maupun pangkalan,” tegasnya

Ia juga menghimbau masyarakat, dapat mengadukan pelanggaran yang dilakukan tingkat pengecer ke aparat keamanan, manakala menjual gas diatas harga eceran tertinggi, dan disarankan dalam mencari keuntungan sewajarnya, apalagi di tengah wabah corona saat ini, masyarakat sedang alami kesulitan ekonomi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00