BI Kalteng Dukung Program Strategis Nasional Food Estate Bagi Perekonomian Kalimantan Tengah Dan Nasional.

KBRN,Palangka Raya : Rencana pembangunan food estate oleh Pemerintah Pusat di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau mendapat dukungan penuh dari Bank Indonesia-BI Kalteng karena membawa angin segar terhadap pembangunan ekonomi di Kalimantan Tengah. Keberadaan food estate berpotensi menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di Bumi Tambun Bungai, yang saat ini masih sangat bergantung terhadap perkebunan kelapa sawit.

Pembangunan food estate di Kalimantan Tengah akan mendorong produksi komoditas pangan, dan dapat meningkatkan kemandirian pangan di Kalimantan Tengah yang saat ini masih sangat bergantung terhadap provinsi lain baik Provinsi Kalimantan Selatan maupun Pulau Jawa. Keberadaan food estate dapat menjadikan Kalimantan Tengah sebagai lumbung pangan, dan mendorong ekspor keluar daerah.  

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng Yudo Herlambang Rabu (23/09/20) dalam Diseminasi Laporan Perekonomian Provinsi Kalimantan Tengah Dengan Tema Peran Program Strategis Nasional Food Estate Terhadap Perekonomian Kalimantan Tengah Dan Nasional. Via zoom virtual belum lama ini mengatakan Di masa pandemi Covid-19 saat ini, perlu pemikiran jangka panjang mengenai ketahanan pangan.

Hal ini akibat seluruh negarapun mengalami resesi dan jangan sampai stok pangan dan ketahanan pangan nasional Indonesia juga turut terganggu nantinya. Yudo Herlambang menyampaikan Indonesia harus optimis akan Ketahanan Pangan yang dimiliki dan harus tetap menjaga ketahanan pangan di tengah hantaman krisis global saat ini. Selain itu Kawasan Food Estate harus mencontoh pertanian modern dengan produktivitas tinggi dan mendukung pengembangan industri hilirisasi agar kedepan dapat menjadi kebanggaan nasional,’’BI Kalteng mendukung upaya Pemerintah dalam Perekonomian melalui food estate."kata  Yudo Herlambang .

Sementara itu menteri pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo dalam kesempatan Diseminasi via zom virtual tersebut juga menjelaskan food estate merupakan kawasan yang dapat memamfaatkan beragam komuditi tidak hanya satu namun beragam ada pula peternakan itik yang diatur dari hulu hingga hilir.

”Akan banyak hal yang di lakukan di kawasan food estate nanti demi Ketahanan Pangan Nasional,” kata Syahrul Yasin Limpo

Syahrul Yasin Limpo mengharapkan program food estate di Provinsi Kalimantan Tengah dapat berjalan dengan baik di du Kabupaten yakni Kapuas dan Pulang Pisau dengan luasan diatas seratus ribu- dua ratus ribu hektar maka akan dimanfaatkan untuk potensi ekspor setelah indonesia memiliki ketahanan pangan yang kuat.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00