Pasar Tani Efektif Sejahterakan Petani Dan Kurangi Beban Masyarakat

KBRN, Palangka Raya : Pasar tani yang diselenggarakan Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Peternakan tiap Jum’at pagi mulai pukul 07.00 hinga jam 11 siang, efektif memberikan kesejahteraan kepada para petani, pasalnya selama ini, hasil tanaman mereka selalu dibeli oleh tengkulak atau pengepul hasil pertanian dengan harga murah.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kalimantan Tengah Sunarti kepada RRI. Antusias masyarakat membeli hasil pertanian sangat baik, sebagian besar merasa terbantu dengan kehadiran pasar tani, mengingat harganya murah dibandingkan harga kebutuhan pokok di pasar. Aneka jenis tanaman yang disediakan meliputi sayur sayuran, dan hasil buah buahan segar hasil petik panen petani.

“Sejak dibuka pasar tani, masyarakat sangat senang, karena mereka bisa membeli hasil tanaman petani sayur sayuran dan buah buahan segar langsung tanpa perantara, lagipula harganya lebih murah, jadi ke depan kegiata ini harus terus berlangsung,” kata Sunarti kepada RRI Minggu (06/9/20)

Sunarti tidak menampik, petani sering mengeluhkan minimnya tempat pemasaran, apalagi di masa pandemi corona saat ini, semua pelaku usaha terdampak ekonomi, dan kegiatan pasar tani yang sudah berjalan selama 4 bulan, juga mendapat dukungan penuh dari Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, harapan ke depannya, muncul pasar tani baru di sejumlah daerah, agar hasil tanaman petani tidak dibeli pengepul dengan harga murah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00