Walau Pandemi Covid 19, Royalti Penambangan Kalteng Tetap Capai Target

KBRN, Palangka Raya : Walaupun Kalimantan Tengah didera pandemik covid 19, namun di luar dugaan, royalti dari sektor pertambangan masih memenuhi target nasional. Namun demikian, pencapaian ini tak bisa dibandingkan dengan angka di tahun lalu yang jumlahnya lebih besar.

Kepada RRI, Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalteng, Erman Subhan , Kamis (13/08/2020) mengatakan, penerimaan royalti dari sektor tambang terutama batubara sebagai andalan Provinsi Tambun Bungai, masih memberi kontribusi sesuai target yang dicanangkan. Besarannya mencapai 964 miliar sampai 30 Juni 2020. Namun demikian, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus meningkatkan capaian ini agar menambah manfaat yang lebih besar untuk daerah dan masyarakat untuk membangun Kalteng.  Namun demikian angka di tahun ini memang tak seperti angka tahun lalu yang lebih besar, karena dunia mengalami pandemic covid 19. Sesuai dengan kondisi ekonomi yang melesu akibat pandemic, permintaan terhadap batubara agak sedikit mengalami penurunan sehingga mempengaruhi sector penyediaan oleh pabrik pabrik batubara.

“Walau demikian hal ini tak berpotensi menimbulkan PHK besar besaran, karena pertambangan tidak banyak menyerap tenaga kerja namun hanya penambang. Sehingga semuanya hanya tergantung pada permintaan yang akan diikuti oleh kegiatan penyediaan,” jelasnya.

Erman mengatakan selain melakukan pengawasan dan monitoring, jajarannya terus melakukan koordinasi dan pemantauan mengenai royalty ini. Ia berharap walau di masa pandemic covid 19 ini, tetap seperti tahun lalu yang mencapai angka 1,8 hingga 2 triliun. (NATA).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00