KSBSI Kalteng Sambut Baik Rencana Bantuan Bagi Pekerja Berpenghasilan di Bawah Rp 5 Juta

KBRN, Palangka Raya: Rencana pemerintah memberikan bantuan gaji sebesar Rp 600 ribu per bulan bagi pekerja berpenghasilan di bawah Rp 5 juta rupiah menuai tanggapan dari serikat pekerja.

Ketua Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Provinsi Kalimantan Tengah, Karliansyah, sangat menyambut baik rencana pemerintah tersebut. Sebab menurutnya, masih banyak pekerja yang penghasilannya di bawah upah minimum.  

“Sehingga masih banyak karyawan-karyawan atau pekerja yang bergaji di bawah standar. Jadi ini saya sangat menyambut aplause terima kasih kepada pemerintah pusat yang peduli terhadap buruh dengan memberikan dana tambahan selama beberapa bulan itu kalau bisa ditambah lah selama masa pandemi ini,” tutur Karliansyah, Jum’at (7/8/2020).

Bahkan Karliansyah mengharapkan untuk pendataan tidak hanya bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, tapi juga dengan serikat pekerja yang ada di daerah-daerah. Sebab menurutnya, serikat pekerja yang paling tahu kondisi dan data buruh yang memerlukan bantuan.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palangka Raya, Royyan Huda, mengatakan data pekerja berpenghasilan di bawah Rp 5 juta di Kalimantan Tengah masih menunggu dari BPJS Ketenagakerjaan pusat.

“Karena jumlahnya yang merekapnya langsung dari kantor pusat kita. Nanti pembagiannya berapa-berapanya setelah saya dapat informasi valid,” ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palangka Raya.

Seperti diberitakan, pemerintah pusat sedang mengkaji penyaluran bantuan gaji bagi pekerja swasta yang berpenghasilan rendah. Direncanakan pada September, Oktober, November dan Desember pekerja akan mendapat bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan dan dibayarkan per 2 bulan. Pemberian bantuan akan dilakukan 2 kali untuk menjaga daya beli masyarakat. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00