Kadis TPHP : Cuaca Berubah, Pertanian Kalteng Tak Banyak Berpengaruh

KBRN, Palagka Raya : Perubahan cuaca yang terjadi di sejumlah daerah memang sedikit banyak membawa kekawatiran.Khususnya bagi masyarakat yang menggantungkan hidup di sector pertanian dan hasil kebun. Namun tampaknya di musim kemarau tahun ini, masyarakat Kalteng tidak perlu was was terlalu berlebihan. Karena hasil produksi dan kegiatan pertanian di Kalimantan Tengah diyakini masih tetap lancar dan tidak banyak terganggu.

Kepada RRI, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Sunarti Senin (03/08/2020) mengungkap, seharusnya hingga Agustus, Kalteng sudah memasuki musim kering namun kenyataannya di Kalteng, masih saja ada hujan. Tentu ini tidak akan mengganggu kegiatan olah pertanian dan hasil produksi tani di Kalteng. Pasalnya bulan basah yang terjadi di Kalteng akan menjadi lebih panjang dari pada bulan kering. Sementara untuk kondisi kegiatan pertanian di masa pandemic, Sunarti juga menyebut kendala yang kini cukup dirasakan hanya di bagian distribusi. Karena mengharuskan penerapan protocol kesehatan di sejumlah aktivitas distribusi.

“Sehingga petani kini memasarkan hasil produksinya secara swadaya tanpa melibatkan tengkulak. Walau demikian, kegiatan pemasaran dan olah tanam pertanian masih saja berjalan lancar meski dalam kondisi pandemic”, terangnya.

Lebih jauh, Sunarti juga membeberkan untuk mengantisipasi kegiatan pengeringan hasil pertanian, pihaknya juga sudah menyiapkan driyer. Ini sebagai upaya menjaga dan menjamin produktivitas tani di situasicuaca yang tidakterduga. Walau demikian ia meyakinkan, kegiatan olah tanam dan pertanian di Kalteng secara keseluruhan tidak akan terhambat selama perubahan cuaca. (NATA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00