Program Food Estate Diinginkan Oleh Banyak Daerah, Kalteng Bersyukur Jadi Penyangga IKN Baru

KBRN, Palangka Raya : Ketua DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Wiyatno menyambut baik terpilihnya Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau sebagai lokasi lumbung pangan nasional oleh Presiden Joko Widodo, pasalnya banyak provinsi lain yang menginginkan program food estate tersebut.

Pimpinan DPRD dari daerah pemilihan (dapil) IV, Kapuas dan Pulang Pisau yang juga politisi dari PDI Perjuangan ini menyebut, wilayah Kalteng yang sangat luas, salah satunya daerah Eks-Pemanfaatan Lahan Gambut (PLG) satu juta hektare, sangat tepat dijadikan pusat ketahanan pangan, termasuk nantinya sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Sarana dan prasarana di kawasan Eks-PLG lanjut Wiyatno, mampu mendukung aktivitas pertanian, lantaran telah tersedia irigasi, jembatan dan jalan yang memadai, sehingga yang harus dipikirkan oleh pemerintah pusat saat ini, hanya peningkatan beberapa infrastruktur tersebut.

"Paling tidak kami bisa memberikan saran karena ini merupakan lintas sektoral, di dalamnya ada kemenhan, kemen PUPR, kementan diharapkan semua bisa berkoordinasi," tambah Wiyatno, Senin (13/7/20).

Wiyatno menekankan perlu  pelibatan warga bukan transmigrasi serta pengusaha asli daerah dalam menyukseskan program strategis nasional (PSN) ini, sehingga janji pemerintah pusat untuk memberdayakan masyarakat lokal, bisa benar-benar terwujud.

Sementara itu, di tempat terpisah, Komandan Korem (Danrem) 102 Panju Panjung, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, menyampaikan beberapa prospek dari program food estate yang sangat bagus bagi kemajuan perekonomian, sehingga menjadi incaran oleh banyak provinsi.

"Banyak daerah yang mau program ini, seperti Sumatera Selatan sudah menyiapkan lahan, termasuk provinsi tetangga kita, Kalsel, Kalbar dan Kaltim juga. Tapi presiden maunya tetap di Kalteng. Ini merupakan berkah buat kita. Sehingga semua elemen masyarakat untuk membantu dan menyukseskan program ini," katanya.

Dengan ditunjuknya dua kabupaten  sebagai food estate ditambahkan Purwo, maka dapat dipastikan, Kalteng menjadi wilayah penyangga bagi ibu kota baru nantinya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00