Pengamat : Food Estate Bawa Efek Domino Menguntungkan Bagi Kalteng

KBRN, Palangka Raya : Pengembangan kawasan Food Estate di Provinsi Kalimantan Tengah diyakini akan membawa banyak efek domino yang menguntungkan bagi daerah dan masyarakat Kalimantan Tengah. Selain terbukanya lapangan pekerjaan, meningkatnya produktifitas pertanian hingga terbukanya lahan tidur yang selama ini belum tergarap.

Kepada RRI, salah seorang pengamat sosial yang juga dosen Universitas Palangka Raya Ferry Irawan, Jumat (10/07/2020) mengungkap  akan ada banyak manfaat jika Kalteng menjadi kawasan pengembangan Food Estate. Disamping terbukanya serapan lapangan kerja, berkembangnya produktifias  dan juga industry penunjang selain pertanian seperti bidang pengolahan, distribusi ,  pergudangan dan sebagainya.  Selain itu yang  tak kalah pentingnya adalah pemanfaatan lahan tidur yang selama ini belum tergarap . Tentu ini akan meningkatkan produktifitas pertanian yang ujungnya membawa kesejahteraan bagi para petani. Ferry meyakini dengan perkembangan kawasan food estate ini, akan mempengaruhi pola kerja peladang berpindah yang mau tak mau akan menyesuaikan peldang tetap.

“Selain itu sisi positi lainnya adalah juga memungkinkan adanya kawasan agrowisata dan juga pusat edukasi pertanian yang juga memiliki peluang yang cukup menjanjikan, “ jelasnya.

Lebih jauh Ferry juga mengungkap, penfembangan food estate ini juga  cukup menjanjikan dan menyerap tenaga kerja baru. Baik di bidang pertanian sendiri, perngolahan, pengembangan riset dan teknologi dan lain sebagainya. Ia berharap masyarakat Kalteng sendiri siap untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja dalam pengembangan Food Estate ini. (NATA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00