Harga TBS Sawit Kalteng Rp 700 per kilogram

KBRN, Palangka Raya: Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Indonesia belum kunjung naik bahkan terus mengalami penurunan. Pada tingkat petani di Kalteng harga TBS sawit saat ini hanya Rp 700 per kilogram. 

Ketua DPW Indonesian Planters Society (IPS) Kalimantan Tengah, Joko Santoso, saat Dialog Kalteng Menyapa bersama RRI pada Rabu (6/7/2022) mengatakan petani saat ini sangat menderita dengan anjloknya harga TBS sawit sejak pelarangan ekspor CPO. 

Meski larangan ekspor CPO sudah dicabut, namun harga sawit belum kunjung menggembirakan petani. "Apalagi saat ini diharapkan dengan anak-anak masuk sekolah, masuk perguruan tinggi, belum lagi keperluan Hari Raya Iduladha. Ini berat sekali. Petani membutuhkan support dan penanganan cepat dari pemerintah," kata Joko yang baru beberapa hari dilantik resmi sebagai Ketua DPW IPS Kalteng. 

Joko Santoso menambahkan biaya operasional untuk pemeliharaan sawit saat ini juga sangat besar. Harga pupuk dan racun naik secara drastis. Belum lagi biaya operasional tenaga kerja tidak mungkin untuk diturunkan mengingat sisi kemanusiaan. "Akan terjadi dampak yang lebih parah lagi kalau sampai petani tidak lagi mengurus kebun sawitnya akibat biaya yang tinggi," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar