Petani Tambak Diminta Tingkatkan Produksi Saat Peralihan Musim

KBRN,Palangka Raya : Legislator Kota Palangka Raya, Jum'atni meminta kepada para petani dan penambak ikan yang memanfaatkan sungai untuk berupaya maksimal menjaga tingkat produksinya agar tetap stabil. "Sebab curah hujan yang tinggi maupun masa transisi menuju musim kemarau seperti sekarang ini, sangat berpengaruh kepada hasil produk pertanian dan penambak ikan sungai," kata Jumatni Sabtu (020722) Terkait hal ini para petani dan penambak ikan sungai harus memiliki strategi menghadapi kondisi tersebut, apalagi sayur dan ikan di pasaran setiap harinya sangat dibutuhkan masyarakat.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengharapkan pemerintah kota melalui dinas terkait agar bisa memberikan penyuluhan atau pengetahuan kepada para petani dan penambak ikan, jika dalam kondisi musim peralihan seperti saat ini. Sebab apabila hal tersebut tidak ditindaklanjuti, dikhawatirkan akan berdampak pada usaha petani dan penambak ikan sungai.

Maka dari itu, agar mata pencaharian mereka tetap berjalan, instansi terkait juga harus bisa mencarikan solusinya. "Peran pemerintah melalui instansi terkait sangat diperlukan. Terutama penyuluhan pengetahuan tentang bagaimana menyikapi kondisi musim seperti saat ini, kepada petani dan penambak agar mereka siap menghadapi musim peralihan serta meminimalisir kerugian," jelas Jum'atni.

Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya yang membidangi infrastruktur dan perekonomian tersebut menambahkan, saat ini pemerintah juga sedang gencar-gencarnya memacu pembangunan sektor pertanian di daerah itu. Jumatni juga mengapresiasi langkah-langkah pemerintah setempat dalam meningkatkan pembangunan sektor pertanian, yang tujuannya untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah setempat. "Kendati sudah ada dukungan dari pemerintah, hendaknya para petani selalu mengutamakan kualitas hasil produksinya setiap kali panen," jelasnya (ANTARA KALTENG)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar