KPPN Palangka Raya Buka Layanan Sampai Sabtu untuk Siapkan Gaji ke-13 ASN

KBRN, Palangka Raya: Aparatur Sipil Negara (ASN) akan menerima Gaji ke-13 pada Juli bulan depan. Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Palangka Raya, Muhtar Salim, mengatakan sudah mempersiapkan sejak Senin dimulai dengan rekonsiliasi. Menurut Salim hingga Jum'at (24/6/2022) sudah mulai berdatangan pengajuan SPM dari sekitar 160 Satker kementrian/lembaga.

"Dan harapan kami hari Senin sudah diajukan semua. Hari libur ya Sabtu, Minggu tapi kami akan membuka layanan sampai pukul 3 sore. Termasuk Kantor Pajak, Bea Cukai ya kalau belum mengajukan," ujarnya. 

Kepala KPPN Palangka Raya berharap layanan yang dibuka sampai pukul 3 sore di akhir pekan dapat dimanfaatkan Satker kementrian/lembaga untuk mengajukan SPM agar tidak terjadi penumpukan di hari Senin. 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah, Hari Utomo, mengatakan total anggaran untuk gaji ke-13 ASN instansi vertikal se-Kalteng diperkirakan sekitar Rp 110 milyar. Hari Utomo menambahkan jumlah ASN pusat yang bekerja di satker kementrian/lembaga di Kalteng kurang lebih ada sekitar 21 ribu ASN.

"Jadi gaji ke-13 itu nanti akan dibayar mulai tanggal 1 Juli, namun demikian Mitra KPPN Palangka Raya, Sampit, Buntok sama Pangkalan Bun itu sudah bisa mulai melakukan proses awal. Proses awalnya itu rekonsiliasi gaji, kemudian mengajukan SPM sampai dengan nanti diterbitkan SP2D per tanggal paling cepat atau mulai 1 Juli," ucapnya di hadapan beberapa media, Jum'at (24/6/2022). 

Diharapkan, tanggal 1 Juli gaji ke-13 sudah bisa diterima ASN agar dapat segera digunakan yang pada akhirnya turut menggerakkan roda perekonomian. Menurutnya, konsumsi pemerintah melalui APBN maupun APBD tetap menjadi  faktor yang berkontribusi cukup signifikan untuk pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar