Pemprov Kalteng Apresiasi Dibukanya Kembali Penerbangan Pontianak-Palangka Raya

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengapresiasi aktifnya kembali penerbangan rute Pontianak-Palangka Raya dan sebaliknya.

Usai penyambutan Penerbangan Perdana Maskapai Wings Air rute Palangka Raya - Pontianak (PP), Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Tengah, Leonard S. Ampung, menyampaikan harapan agar penerbangan antara Kalteng dan Kalbar ini dapat memberi alternatif bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan melalui jalur udara. 

“Kita berharap ada penerbangan ini berlanjut terus, dan juga bisa menambah lagi frekuensinya. Kalau dimungkinkan bisa setiap hari sehingga mobilitas orang, barang dan jasa bisa lebih lancar. Di samping itu juga bisa membangkitkan perekonomian di Kalteng dan juga membuka objek-objek pariwisata kita lebih bergairah lagi,” ujarnya pada Jum’at (28/1/2022) di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya.

Lebih jauh Asisten II Setda Kalteng ini mengatakan Pemerintah Provinsi berharap rute penerbangan dari dan menuju kota Palangka Raya bisa lebih dikembangkan. Tidak hanya rute dalam negeri tetapi juga dengan luar negeri diantaranya yang terdekat dengan Kalimantan yakni Kuching atau Serawak Malaysia.

Sebelumnya, melalui rilis tertulis Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, menyebut Rute Pontianak – Palangka Raya – Pontianak diharapkan mendukung pemulihan perekonomian di berbagai sektor di dalam perkembangan daerah sesuai program pemerintah. 

Dengan penerbangan rute Pontianak Kalbar – Palangka Raya Kalteng maka konektivitas semakin terbuka sebagai salah satu pusat ekonomi baru yang mempunyai sentra hasil hutan, perkebunan, perikanan, UMKM dan sektor lainnya.

Danang mengatakan jaringan domestik terbaru ini akan dijalankan sebagai bagian mengakomodir kebutuhan permintaan pasar di kedua provinsi sejalan upaya mempersingkat waktu dengan durasi tempuh berkisar 1 jam dan 20 menit, sehingga jarak semakin pendek.

Penerbangan dimulai perdana 28 Januari 2022, dari Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak di Kubu Raya, Kalimantan Barat (PNK) tujuan Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya, Kalimantan Tengah (PKY). Wings Air melayani langsung (point to point) menggunakan jenis pesawat baling-baling (propeller) ATR 72.

Sementara itu, Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut, Eries Hermawandi, membenarkan rute Pontianak-Palangka Raya diaktifkan kembali oleh Maskapai Penerbangan Wings Air mulai Jum’at 28 Januari 2022.

“Jadwal penerbangan memang hari ini belum bisa daily (harian) info dari teman-teman maskapai. Mungkin ke depannya akan daily namun demikian masih melihat demand (permintaan) yang ada nanti,” ujarnya.

Menurutnya, untuk jadwal penerbangan setiap minggunya belum ditentukan oleh pihak maskapai namun agen perjalanan terus membuka pemesanan tiket pesawat rute Palangka Raya-Pontianak.

EGM Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut ini mengatakan pembukaan kembali penerbangan rute Palangka Raya-Pontianak dan sebaliknya jelang perayaan Imlek merupakan kewenangan penuh pihak maskapai.

Eries menambahkan jumlah penumpang pesawat penerbangan perdana rute Palangka-Pontianak hampir 60 orang. Menurutnya, jumlah penumpang baik di kedatangan maupun keberangkatan Bandara Tjilik Riwut sudah semakin meningkat yakni sekitar 1.400-1.500 penumpang per hari. (Foto: MMC Kalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar