Bupati Gumas Hadiri Kick Off Penandatanganan Kontrak Barang dan Jasa Tahun 2022

KBRN, Palangka Raya: Bupati Gunung Mas Jaya, Samaya Monong, menghadiri Kick Off Penandatanganan Kontrak Barang dan Jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, di ruang rapat lantai I Kantor Bupati, Senin (17/1/2022). 

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong menyampaikan kegiatan pengadaan barang atau jasa bertujuan untuk menghasilkan barang ataupun jasa yang berkualitas dan wajar yang bisa diukur dari berbagai macam segi seperti biaya, jumlah penyediaan dan lokasi.

Dengan prinsip seperti ini, diharapkan pemerintah bisa mendapatkan barang atau jasa dengan kualitas terbaik, harga optimal, pengadaan paling cepat, keberadaan barang paling mudah dijangkau dan berasal dari penyedia barang dan jasa yang bonafit dan lain sebagainya.

“Salah satu upaya pemerintah dalam rangka menjamin adanya stimulan pada perekonomian masyarakat, yaitu melalui pengadaan barang/jasa pemerintah itu sendiri. Dimana telah diatur secara khusus bahwa sangat dibuka peluang keterlibatan UMKM dan penggunaan barang yang memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN),” ungkap Bupati.

Dijelaskannya, kegiatan kick off penandatanganan kontrak pengadaan barang/jasa ini dilaksanakan untuk memastikan prosedur pembangunan daerah dan pelaksanaan program kegiatan pembangunan oleh pemerintah daerah berjalan secara tepat waktu juga merupakan wujud pelaksanaan komitmen bersama seluruh stakeholder dalam meningkatkan koordinasi, sinergitas dan sinkronisasi untuk percepatan penyerapan anggaran. 

Lebih lanjut Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong menjelaskan, Kabupaten Gunung Mas merupakan salah satu dari pemerintah daerah yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah yang pada hari ini juga melaksanakan kick off penandatanganan kontrak secara serentak di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Selain itu, setiap tahunnya juga ditetapkan paket-paket pekerjaan strategis daerah yaitu paket pekerjaan yang secara langsung berkontribusi akan pembangunan wilayah adil, merata, dan berkelanjutan dengan tetap mengedepankan peran serta masyarakat dan nilai budaya/kearifan lokal dalam bingkai NKRI. Untuk Tahun 2022 ini sendiri terdapat 15 paket strategis daerah yang dikelola oleh 5 perangkat daerah,” tuturnya.

Jaya Samaya Monong berharap nantinya setiap transaksi perangkat daerah dilakukan secara transparan, bersaing, dan akuntabel, di lain pihak UMKM lokal memiliki peluang sangat besar dan akan terus didorong menjadi penyedia barang/jasa kebutuhan pemerintah daerah dimaksud.

"Berdasarkan laporan yang kami peroleh, pada tahun 2021 terdapat 154 paket pengadaan barang/jasa yang proses pengadaan penyedianya melalui tender/seleksi pada UKPBJ Kabupaten Gunung Mas," ujarnya.

Tahun 2021 juga menunjukkan bahwa proses pengadaan barang/jasa melalui proses tender, secara khusus paket pekerjaan yang bersifat kritis, yaitu kriteria waktu pelaksanaan pekerjaan panjang/lama, perancangan dan pekerjaan fisiknya pada tahun yang bersamaan, pekerjaan yang tergantung dengan kondisi iklim dan cuaca, dan pekerjaan yang memerlukan upaya lebih karena faktor lokasi dan pertimbangan lainnya.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh perangkat daerah, secara khusus perangkat daerah yang telah menyediakan keikutsertaan paket pekerjaan pada tahapan kick off ini, meskipun secara data masih ada pekerjaan rumah yang harus segera kita selesaikan sampai dengan batas waktu yang telah ditetapkan,” jelas Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong.

Bupati Jaya Samaya Monong juga mengapresiasi pihak penyedia yang bersedia bekerja sama dan hadir pada kick off kali ini. Bupati Gumas berharap kerja sama ini dapat terbina dengan baik, saling mendukung, dan mempunyai visi yang sama terkait pembangunan menuju Kabupaten Gunung Mas yang Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera, dan Mandiri (Berjuang Bersama). 

“Kami mengingatkan, bahwa pemerintah daerah dimandatkan memiliki perangkat/tools Sistem Pengelolaan Penyedia (VMS/Vendor Management System) untuk menilai kinerja masing-masing penyedia yang melaksanakan pekerjaan nantinya,” pungkasnya. (Sumber: MMC Kalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar