Damri Buka Akses ke Pedalaman Kalteng

KBRN, Palangka Raya : Salah satu layanan angkutan rute pelosok di Kalimantan Tengah yakni Damri Perintis. Damri termasuk Cabang Palangka Raya, telah diamanatkan oleh pemerintah untuk menjalankan fungsi keperintisan, sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK.5630/AJ.204/DRDJ/2019 tentang Penetapan Jaringan Trayek Angkutan Jalan Perintis.

Menurut General Manager Perum Damri Cabang Palangka Raya Daryanto, Jumat pagi, segmen bisnis Damri Palangka Raya termasuk angkutan perintis dengan rute Palangka Raya-Bahaur, Muara Teweh-Benangin juga Bukit Sawit, Buntok-Tabak Kanilan, Kapuas-Dadahup, Baun Bango-Kasongan, Sampit-Samuda dan juga Parenggean, Pangkalan Bun-Sebuai dan Pangkut serta Pelabuhan Roro, Sukamara-Jelai dan Nangabulik.

Sedangkan untuk rute Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), melayani rute Palangka Raya menuju Tumbang Jutuh, Buntok, Pangkalan Bun, Lamandau, Sukamara dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) rute Palangka Raya-Banjarmasin dan Palangka Raya-Pontianak.

Dijelaskan Daryanto, melalui layanan ini, Damri membantu memenuhi kebutuhan akan fasilitas transportasi dengan biaya terjangkau. Sehingga masyarakat dapat bermobilitas dengan baik. Selain itu terdapat pengiriman logistik ke wilayah terpencil. 

Ditambahkan Daryanto, kendala pihaknya selama ini dalam menggerakan opearasional perintis, terkait jalan rusak, sehingga terpaksa mengeluarkan ongkos mahal dibandingkan biaya satu kali jalan. 

"Benar bahwa kerusakan jalan merupakan salah satu kendala angkutan perintis di pedalaman Kalteng. Namun kami tetap memberikan pelayanan dengan baik. Kami pun berharap pemerintah daerah lebih memperhatikan kondisi jalan saat ini," ujarnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar