Ikan Botia dan Betutu Palangka Raya Diekspor ke Malaysia dan Singapura

KBRN, Palangka Raya: Pengusaha ikan di Kalimantan Tengah selama ini belum bisa melakukan ekspor secara langsung ke negara pembeli. 

Koordinator Tata Pelayanan pada Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Palangka Raya, Toto Fransisco, mengatakan selama ini ekspor hasil perikanan dari Kalteng harus melalui Jakarta karena belum bisa langsung ke negara tujuan. 

“Ya terkendala pertama itu kita tidak bisa langsung ekspor dari sini artinya tujuan dari Palangka Raya langsung ke negara tujuan itu belum terbuka. Jadi kita masih harus melalui Jakarta dulu. Mudahan ke depan dari pemerintah membuka aksesnya. Itu salah satunya. Trus bahan bakunya jadi kendala, kurang dari permintaan pembeli. Kita belum bisa memenuhi permintaan pembeli harus kontinu sekian,” ujarnya kepada RRI, Selasa (11/1/2022). 

Toto mengatakan potensi Kalimantan Tengah sangat besar di bidang perikanan namun pelaku usaha maupun investor belum banyak yang melakukan ekspansi ekspor. 

Koordinator Tata Pelayanan pada Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Palangka Raya mengatakan beberapa jenis ikan dari Palangka Raya yang diekspor ke Malaysia dan Singapura diantaranya ikan Botia dan ikan Betutu. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar