Pemprov Kalteng Berencana Launching Ekspor Produk Perikanan

KBRN, Pemerintah Provinsi: Kalimantan Tengah berencana meluncurkan ekspor produk perikanan. Selama ini hasil produksi perikanan Kalteng diekspor ke luar negeri melalui Jakarta maupun kota lain di Indonesia. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, Darliansjah, mengatakan rencana peluncuran ini untuk memacu komoditas perikanan Kalteng agar bisa ekspor langsung ke luar negeri. 

“Kita punya potensi komoditi ikan kita untuk ekspor. Selama ini sudah berlangsung ekspor. Ini mau kita dorong agar komoditi khas ikan Kalteng yang memang diminati importir luar negeri harus difasilitasi oleh pemerintah. Berkenaan dengan kendala ekspor seperti apa nanti kita akan launching itu sehingga diharapkan Pak Gubernur soal ekspor itu bisa berjalan lancar, bisa efektif, volume ekspor dan komoditinya kita bisa lebih besar,” ujarnya kepada RRI, Selasa (11/1/2022).  

Darliansjah mengatakan produk perikanan dari Kalteng yang diekspor diantaranya ikan hias yang banyak berasal dari Katingan, Sampit dan Palangka Raya. 

Diharapkan dengan upaya peluncuran ekspor produk perikanan Kalteng maka kendala yang dihadapi eksportir ikan dapat diatasi. 

Menurutnya, peluncuran ekspor komoditas perikanan Kalteng sedang dalam tahap finalisasi untuk menentukan komoditas apa yang akan dilaunching, berapa banyak yang akan diekspor, negara tujuan dan kapan acara peluncurannya. (Foto: MMC Kalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar