Pemprov Kalteng Terus Percepat Pengembangan Shrimp Estate

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus mempercepat rencana pengembangan Kawasan Tambak Udang (Shrimp Estate). 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, Darliansjah, mengatakan Pemprov Kalteng melaksanakan Rapat Koordinasi Percepatan Pengembangan Kawasan Tambak Udang bersama dinas terkait serta Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Kalteng dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). 

“Kita membahas tindak lanjut pertama bahwa SID dan DED itu sudah selesai sudah diserahkan oleh Bank Kalteng ke Pemerintah Provinsi. Nah itu tentu saja dokumen itu menjadi penting dan harus ditindaklanjuti. Tadi kami diskusi dengan perbankan untuk mencari skema pembiayaan dukungan dari perbankan terutama dari Bank Kalteng. Hasil sementara itu insya Allah Bank Kalteng akan membuat skema pembiayaannya memang kalau dihitung prospek akan dilanjutkan pada tahap persiapan-persiapan,” ujarnya kepada RRI pada Senin (10/1/2022). 

Darliansjah mengatakan sesuai arahan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, saat ini terus dilakukan percepatan pembangunan dan pengelolaan produksi tambak udang di Kabupaten Sukamara. Diharapkan pada 2022 Kawasan Tambak Udang Vaname/Shrimp Estate dapat operasional. 

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah Kawasan Tambak Udang di Kabupaten Sukamara sudah terbuka sekitar dua ribu hektare. Tambak udang di lokasi tersebut terdiri dari tambak rakyat dan tambak semi intensif. 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berencana membuka tambak udang yang dikelola secara intensif untuk menjadi model atau percontohan di lahan seluas 40 hektare. 

Target ekspor udang vaname yang sudah dikembangkan di Kabupaten Sukamara yakni Amerika Serikat, Jepang dan Cina. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar