Kalteng Belum Mampu Penuhi Kebutuhan Telur

KBRN,Palangka Raya : Kebutuhan masyarakat terhadap telur ayam ras di Kalimantan Tengah belum dapat dipenuhi dari produksi lokal sehingga sebagian besar masih didatangkan dari Provinsi Jawa Tengah,Jawa Timur dan Kalimantan Selatan. Kepala BPS Provinsi Kalimantan Tengah Eko Marsoro ,Sabtu (080122) mengatakan distribusi perdagangan diawali dari pembeli telur ayam ras dari luar Provinsi oleh distributor dan pedagang grosir yang disistribusikan hingga ke konsumen akhir.

Dijelaskan Eko Marsoro sejumlah pelaku usaha yang terlibat dalam rantai distributor telur ayam ras di Kalteng yaitu pedagang pengepul,distributor,pedagang grosir dan pedagang eceran .Sementara itu pelaku perdagangan yang terlibat dalam pola utama terdiri dari pedagang grosir dan pedagang eceran,” hasil survey pola distribusi pedagangan beberapa komoditas 2021 menunjukan MPP Komoditas telur ayam ras di Kalteng sebesar 15,78 persen.Hal tersebut mengindentifikasikan bahwa kenaikan harga telur ayam ras dari luar provinsi sampai ke konsumen akhir berdasarkan pola utama sebesar 15,78 persen.

Eko Marsoro lebih lanjut mengatakan MPP komoditas telur ayam ras secara nasional sebesar 20,19 persen. Provinsi dengan MPP komoditas telur ayam ras terendah adalah Bengkulu sebesar 5,50 persen sedangkan yang tertinggi adalah Maluku 42,99 persen.Sedangkan MPP Komoditas telur ayam ras di Kalteng berada di urutan 11 dari yang terendah dan berada di bawah MPP komoditas telur ayam ras Nasional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar