Gubernur Dorong Dibangun Industri Hilir di Kalteng

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah Indonesia berupaya agar hasil sumber daya alam tidak diekspor dalam kondisi bahan mentah namun menjadi barang jadi atau setengah jadi.

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, menyampaikan harapan agar semakin banyak industri hilir yang dibangun di Kalteng agar membuka lapangan pekerjaan baru.

“Hilirisasi yang lain lah di Kalteng dari sumber daya alam yang dari tambang, bukan cuma bauksit, pasir, silika, zirkon, semua itu ada nilai tambah di Kalteng supaya membuka lapangan pekerjaan baru. Sehingga terbukalah nanti ada pelabuhan laut, ada kawasan ekonomi terpadu, kawasan ekonomi khusus kita bangun di beberapa sisi,” ujar Gubernur Kalteng beberapa waktu lalu.

Selain tambang, Kalteng juga menghasilkan komoditas dari bidang perhutanan, perkebunan dan pertanian. Gubernur Sugianto Sabran berharap investor datang tidak hanya mengambil hasil produksi dari Kalteng namun membangun pabrik yang dapat menyerap banyak tenaga kerja lokal.

Sementara itu, saat ini Proyek Strategis Nasional Food Estate masih terus berlangsung di Kalimantan Tengah. Program pertanian terintegrasi ini juga diharapkan dapat menyerap banyak tenaga kerja.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar