Bupati Kotim Ingin Petani Pilih Tanam Porang Ketimbang Sawit

KBRN, Palangka Raya: Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor, berencana mengembangkan tanaman Porang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menurutnya, nilai ekonomi tanaman porang lebih tinggi dibandingkan kelapa sawit. “Jadi saya ingin masyarakat itu punya pilihan komoditi tidak hanya sawit, tapi bisa dengan menanam Porang karena Porang itu punya nilai ekonomi tinggi. Jadi kita kerja sama bangun pabriknya dengan BUMD dengan pihak ketiga. Karena satu hektare Porang itu bisa menghasilkan antara Rp 800 juta-Rp 1,2 milyar,” ujarnya kepada RRI belum lama ini. 

Bupati Kotim mengaku telah mengundang master Porang dari Madiun untuk mendapatkan informasi tentang tanaman yang disebut Presiden Jokowi bakal menjadi komoditas ekspor andalan baru dari Indonesia.

Bupati Halikinnor mengatakan beberapa negara seperti Cina, Jepang dan Korea memiliki permintaan terhadap Porang dalam jumlah yang cukup besar.

Menurutnya, rencana ini sudah dimulai dengan pemberian bantuan excavator dan hand tractor kepada beberapa kecamatan di Kotim. Bupati Halikinnor menginginkan lahan-lahan kosong yang tidak produktif dapat dibersihkan dengan excavator dan ditanami Porang.

Porang adalah sejenis tanaman umbi-umbian yang biasa diolah menjadi beras shirataki, campuran produk kue sampai kosmetik. (foto: Media Indonesia)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00