UKM Batik Tulis Dekranasda Kalteng Sudah Mampu Produksi Sendiri

KBRN, Palangka Raya: Ketua Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah, Ivo Sugianto Sabran, meninjau Sentra UKM Batik Tulis Umi Lasega di Desa Sumber Mulya, Kabupaten Lamandau, Jum'at (15/10/2021).

Ivo Sugianto Sabran berharap UKM dan UMKM di Lamandau ke depannya bisa lebih berkembang.

“Tentunya bisa lebih berkembang. Ini salah satu binaan kita dari 2018 lalu. Sekarang Alhamdulilah sudah punya showroom, beliau juga sering kita ikutkan pameran ke luar Kalteng, ke Jakarta dan daerah lain sebagainya. Sekarang juga sudah mulai produksi sendiri, memperkerjakan orang-orang sekitar dan harapannya ini juga bisa menjadi inspirasi bagi pengrajin yang lain bahwa industri batik di kalteng bisa hidup,” ucap Ivo di sela-sela kunjungannya.

Di masa pandemi Covid-19, UKM & UMKM menjadi salah satu sektor yang paling merasakan dampaknya. Salah satu upaya pemulihan ekonomi nasional yang dilakukan Pemerintah di masa pandemi Covid-19 adalah mendorong sektor UMKM untuk kembali bangkit.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kalteng tersebut mendengarkan aspirasi, persoalan dan hambatan yang dihadapi oleh pelaku atau pengusaha-pengusaha UKM & UMKM khususnya batik tulis saat pandemi. 

Ivo juga melihat langsung proses pembuatan berbagai jenis dan corak batik di Griya Batik Umi Lasega.

Turut mendampingi Ivo Sugianto Sabran, yakni Ketua TP-PKK Kabupaten Lamandau Hj. Rusdianti Hendra Lesmana. (Sumber: MMC Kalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00