Pengembangan Tambak Udang Vaname di Sukamara untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah Provinsi saat ini sedang mendukung percepatan pembangunan kawasan tambak Udang Vaname/Shrimp Estate Kalteng dengan lokasi tahap I yaitu Desa Sei Raja, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, Darliansjah, mengatakan potensi Tambak Udang Vaname pada tujuh kabupaten pesisir di Kalteng akan dikembangkan dan dimulai dari Kabupaten Sukamara.

“Memang makro kebijakan Bapak Gubernur terkait perkembangan tambak Udang Vaname ini adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi juga peningkatan PAD. Itu otomatis nanti. Di pandemi Covid-19 ini, walaupun secara umum seluruh provinsi atau sebagian provinsi di Indonesia itu terkontraksi atau negatif pertumbuhan ekonominya, tetapi sektor yang bisa memberikan sumbangan yang positif untuk pertumbuhan ekonomi itu adalah sektor pertanian termasuk di dalamnya adalah kehutanan dan perikanan,” ujar Darliansjah.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah ini menjelaskan dalam pengembangan Tambak Udang Vaname, Pemprov Kalteng akan berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten, lembaga keuangan dan dengan pemerintah pusat.

Untuk pengembangan Tambak Udang Vaname tahap pertama, diharapkan dalam 2 tahun sudah bisa produksi secara besar-besaran. Program percepatan  dilakukan sesuai Detail Engineering Design sehingga tahun depan Tambak Udang Vaname di Sukamara sudah bisa panen untuk tahap pertama.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00