Windu Subagio Harapkan Sukamara Jadi Kawasan Food Estate

KBRN, Palangka Raya: Bupati Sukamara, Windu Subagio, mengharapkan Tambak Udang Vaname dan Peternakan Sapi (Sukamara Ranch) dapat mendukung Proyek Strategis Nasional Food Estate di Kalimantan Tengah.

“Untuk itu perhatian dari Bapak Gubernur yang selama ini sudah diberikan bisa ditingkatkan lagi. Maksud kami ditetapkan lah sukamara itu menjadi satu kawasan yang mendukung food estate di Kalteng tapi dari sektor protein,” ujarnya saat mengikuti Musrenbang RPJMD 2021-2026 Kalteng secara virtual beberapa waktu lalu.

Pemerintah Provinsi saat ini memang mendukung percepatan pembangunan kawasan tambak Udang Vaname/Shrimp Estate Kalteng dengan lokasi tahap I yaitu Desa Sei Raja, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara.

Bupati Windu Subagio menambahkan selain Tambak Udang dan Peternakan Sapi, Sukamara juga berpotensi untuk pengembangan peternakan ayam potong. Menurutnya, selama ini sudah ada peternak-peternak ayam di Kabupaten Sukamara namun masih terbatas.

Salah satu masalah yang masih memberatkan, lanjutnya, belum adanya pabrik pakan ternak di Kalteng. Windu Subagio menambahkan saat ini ada pengusaha bidang pertanian yang sedang mengembangkan tanaman jagung di lahan seluas 1.500 hektar. Proses tanam percontohan di lahan 20-30 hektar sudah dilakukan dan hasilnya cukup bagus.

Menurut Bupati Sukamara dengan hasil produksi jagung di lahan seribuan hektar tersebut sangat mendukung sekali untuk penyediaan bahan baku pembuatan pakan ternak. Diharapkannya, pabrik pakan dapat didirikan di Kabupaten Sukamara. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00