Tiga Langkah Stabilkan Harga Ayam Potong

KBRN, Palangka Raya : Harga Ayam Potong di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melambung tinggi. Menurut  Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Indonesia (Pinsar) Kalteng, Andi Bustan untuk menekan kenaikan harga ayam potong di Kalteng harus duduk bersama membahas persoalan ini.

"ada tiga indikator yang membuat kenaikan harga ayam potong dipasaran yaitu mahalnya harga pakan, dan bibit serta terkadang terkendala ditransportasi pengiriman dari luar Kalteng,"sebut Andi, Kamis (17/06/2021).

Untuk menjawab ini semua Pemerintah Kalimantan Tengah harus membuat pabrik pakan di Kalteng, serta menyediakan bahan baku pakan yaitu menanam jagung dan menyediakan bibit ayam.

"Jika ketiga langkah ini dapat terwujud maka harga ayam potong dipasaran akan stabil, karena selama ini melonjaknya harga ayam potong disebabkan mahalnya harga pakan dan bibit serta sulitnya pengiriman pakan,"imbuhnya.

Tentu Pedagang dan masyarakat sangat berharap tiga langkah itu dapat diwujudkan para pemangku kebijakan, agar harga ayam potong tidak selalu dipermainkan para tengkulak, sehingga konsumen dan warga dapat menikmati daging ayam dengan harga terjangkau.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00