Damang Salilah dan Kerajinan Getah Nyatu Khas Dayak Kalteng

KBRN, Palangka Raya: Damang Salilah dikenal sebagai nama salah satu jalan di kawasan Universitas Palangka Raya (UPR). Jalan Damang Salilah menjadi salah satu jalan masuk dari Jalan Yos Sudarso  ke area kampus.

 Salah seorang mahasiswa Universitas Palangka Raya, Oktarina Tersa Lores, yang merupakan warga pendatang mengaku awalnya tidak tahu siapa itu Damang Salilah. Oktarina mengira Damang Salilah hanyalah nama sebuah jalan.

Namun setelah mencari tahu, Oktarina menyebut Damang Salilah merupakan salah satu tokoh Dayak yang cukup populer di Kalteng namun tidak terlalu dikenal di daerah lain.

“Yang saya tahu sih Damang Salilah itu Damang Yohanes Salilah. Beliau ini seorang damang atau tokoh adat Dayak yang memulai dengan menciptakan kerajinan tangan dari getah karet Pohon Nyatu. Beliau juga menciptakan inspirasi dengan kerajinan khas Dayak dari pohon tersebut,” tutur mahasiswi angkatan 2016 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPR, Minggu (7/3/2021).

Sementara menurut sepengetahuan Mahasiswa Pasca Sarjana UPR Magister Pendidikan IPS, Nopardo, Damang salilah merupakan tokoh Dayak yang terlibat aktif dalam pemekaran dan pembangunan Kalteng. Nama beliau dijadikan satu nama jalan sebagai bentuk penghargaan atas jasanya mendirikan Kalteng.

Selanjutnya : Pendiri Kalteng

Halaman 1 dari 3

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00