Pelaku Pembakar Lahan Harus Diberi Efek Jera

KBRN, Palangka Raya : Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin memastikan, para pembakar lahan akan ditindak tegas. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, karena dampak Karhutla sangat buruk bagi kesehatan.

"Kita sudah Rakor bersama Presiden dan Pemprov Kalteng. Kita maksimalkan upaya pencegahan dan kalau ada pelaku sanksi tegas diberikan mulai dari administrasi, perdata hingga sanksi pidana," kata Fairid, Sabtu (6/3/21)

Dia juga meminta masyarakat tidak membiarkan lahan yang dimiliki terbakar apalagi secara sengaja melakukan pembakaran lahan dan hutan dengan berbagai alasan. Pihaknya tak henti mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan upaya antisipasi kebakaran lahan. "Jika lahan gambut telah terbakar maka akan sangat sulit melakukan pemadamannya," katanya.

Sebelumnya Pemko bersama TNI Polri menggelar apel pasukan dan peralatan untuk memastikan kesiapsiagaan mengantisipasi dan menghadapi Karhutla. Selain itu, Pemerintah Kota Palangka Raya juga terus menjalin komunikasi dan rapat koordinasi dengan seluruh pemerintahan daerah di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00