Produksi Sampah Di Kota Palangka Raya 130 ton Perhari

KBRN,Palangka Raya : Pemerintah Kota Palangka Raya, fokus memberikan perhatian kepada kebersihan kota dan pengelolaan sampah yang ada di Palangka Raya. Karena saat ini produksi sampah di Kota dalam sehari Pertumbuhan penduduk yang terus meningkat di Palangka Raya, memberikan dampak terhadap penimbunan sampah. Setiap hari kurang lebih ada 130 ton sampah yang diproduksi masyarakat di Palangka Raya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup -DLH Kota Palangka Raya Achmad Zaini,jumat (26/92/21) mengatakan pihaknya telah menempatkan bak kontainer di berbagai titik lokasi TPS agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Achmad Zaini berharap ,seluruh masyarakat dapat menjaga kebersihan dan tertib dalam membuang sampah. Dan menerapkan pola pengurangan sampah, yaitu dengan 3 R ( Reuse, Reduce, Recycle).

” Kami berharap masyarakat taat jam buang sampah, yaitu jam 7 pagi sampai jam 4 sore dilarang buang sampah. Supaya kota kita pada siang hari bersih,” kata Achmad Zaini

Sementara itu Wakilwalikota Palangka Raya, Umi Mastikah menyampaikan Pemerintah Kota Palangka Raya telah memprogramkan penanganan sampah sejak beberapa tahun lalu dan ini juga bukan saja tugas Pemerintah namun juga masyarakat Kota Cantik Palangka Raya.

” tahun ini kami telah memprogramkan penanganan sampah dengan kerja bakti dari tingkat RT hingga Kelurahan,” ungkap Umi Mastikah

Saat ini aturan jam buang sampah telah ditentukan dalam Peraturan Walikota Palangka Raya Nomor 43 Tahun 2017 Tentang Peraturan Pelaksana Perda Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Persampahan dan Kebersihan Lingkungan. Waktu pembuangan sampah di TPS dimulai pukul 16:00 WIB sore sampai dengan pukul 07:00 WIB pagi.Dan bagi masyarakat yang melanggar dikenakan denda paling besar Rp 1 juta dan pidana kurungan paling lama 1 bulan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00