Guru Honorer Dituntut Kembangkan Kompetensi

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah pada 2019 hanya mendapat 24 kuota Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru. Berdasarkan hasil tes PPPK dari 24 lowongan yang tersedia hanya  9 orang yang lulus tes.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Tengah, Katma F Dirun, mengatakan guru honorer peserta tes PPPK yang telah mengabdi selama 15 tahun rata-rata gagal karena Seleksi Kompetensi Dasar.

“Dari sisi kompetensi bidang mereka memang ahlinya, mereka memiliki kemampuan yg luar biasa karena pengalamannya. Tetapi dari sisi kompetensi dasar ini yang membuat mereka gugur. Ini yang menjadi PR kami, nanti kami koordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang untuk bisa lolos dalam SKD,” ujar Kepala BKD Kalteng, Jum’at (26/2/2021).

Katma menambahkan untuk tahun 2021 pihaknya telah mengusulkan sebanyak 3.879 formasi PPPK bagi guru. Diharapkan dengan kuota yang diberikan, guru kontrak se-Kalteng sejumlah 2.511 orang memiliki peluang menjadi PPPK.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, mengharapkan guru kontrak/honorer dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dapat lulus seleksi PPPK.

“Karena bicara passing grade. Orang sudah memenuhi standar dia lolos. Tidak memenuhi ya tidak akan terpenuhi (kuota) itu. Saya berharap guru kontrak mengembangkan kompetensi dirinya untuk lulus tes CAT (Computer Assisted Test). CAT ini kan dilakukan oleh BKN langsung,” tuturnya.

Sekda Kalteng mengatakan formasi PPPK tahun ini akan dibuka kembali untuk menyeleksi guru-guru honor guna dinaikan statusnya menjadi PPPK. Menurut Sekda Fahrizal Fitri, dengan menjadi PPPK status guru kontrak menjadi lebih terjamin dan penghasilan yang akan diperoleh juga standar seperti Pegawai Negeri Sipil.

Dikatakan, adanya penerimaan PPPK merupakan salah satu pola yang diterapkan pemerintah dalam rangka memberikan kesejahteraan pada guru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00