Masyarakat sambut positif, Bus Gratis Ke Lokasi Pelayanan Publik.

KBRN, Palangka Raya : Seiring sudah kembali normal aktivitas masyarakat, mulai pertengahan November 2020, Bus Rapid Transit (BRT) yang dimiliki Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya kembali beroperasi.

Menanggapi hal demikian, salah satu warga Alben Alpinadi menyambut baik adanya bus gratis khusus mengantar di tempat pelayanan umum, otomatis hal ini mengurangi beban masyarakat yang tidak memiliki alat transportasi. Apalagi pemerintah kota palangka raya menggratiskan buat seluruh masyarakat

“Kami berharap tidak hanya mengantar ke pusat pelayanan, tetapi bus gratis juga disediakan untuk anak anak sekolah, sebagai langkah mengurangi kemacetan di jam sibuk baik pagi dan sore,” kata Alben kepada RRI Sabtu (28/11/20)

Hal senada diungkapkan Sujarwo, menurutnya keberadaan layanan bus gratis milik pemerintah kota Palangka Raya sangat baik bagi masyarakat, karena dapat membantu mengurangi biaya hidup, kalau perlu jumlah bus gratis ditambah, agar sejumlah tempat pelayanan dapat dimasukkan ke dalam rute bus, termasuk tempat wisata.

Menanggapi respon positif dari masyarakat, Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya Alman Pakpahan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat terhadap sambutan baiknya, adanya bus gratis  merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan publik di bidang transportasi.

“Apalagi, rute pelayanan sangat diperlukan masyarakat, seperti mengurus perizinan, membayar PBB dan retribusi, mengurus dokumen kependudukan, berobat di RSUD Kalampangan dan Puskesmas Pahandut, serta berwisata,” katanya. 

Disamping itu, keberadaa bus gratis merupakan komitmen memberikan layanan terbaik bagi masyarakat khususnya yang ingin berurusan di Dinas-Dinas, Berobat dan Berwisata.

Alman menyebut, BRT tersebut akan melayani tiga rute utama di sekitaran wilayah Kota Cantik Palangka Raya. Terutama menuju pusat pelayanan, kesehatan dan pusat wisata.  setiap kali bus beroperasi, akan memuat maksimal 15 orang/bus, mengingat masih pandemi covid-19, maka protokol kesehatan di dalam BRT akan diterapkan dengan disiplin. Adapun rute perjalanan bus gratis pertama menuju lokasi pengurusan dan pelayanan publik. Jalurnya menuju ke kawasan kantor perizinan, pajak dan kependudukan. Rute tersebut dibuka mulai Senin sampai dengan  Kamis,  meliputi kawasan Kantor Disdukcapil, Kantor DPM-PTSP, Kantor BPPRD, dan Kantor wali kota, Kemudian untuk rute kedua, akan melayani masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kesehatan, BRT beroperasi mulai Senin hingga Kamis, rutenya melewati Terminal Mihing Manasa, Puskesmas Pahandut, RSUD Kalampangan dan Halte Bundaran Burung.  Terakhir atau rute ketiga, adalah rute khusus untuk layanan wisata, di mana BRT akan beroperasi hanya pada hari Minggu saja. Rute yang akan diambil pada jalur ini adalah Taman Pasuk Kameloh, Dermaga Kereng Bangkirai (wisata Air Hitam), dan kawasan wisata Sei Batu. Pada rute tiga ini akan diberlakukan dengan sistem pendaftaran. Cukup ketik RegBRT#Nama#Jenis kelamin#umur#rute dikirimkan ke nomor Call Center 081345161548 dalam bentuk SMS atau WA. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00