Berbahaya, Rapit Test Ratusan Petugas KPPS Bisa Munculkan Klaster Baru

KBRN, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya telah menggelar pemeriksaan kesehatan dan rapid test untuk  693 orang  petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kelurahan Menteng. 

Namun kegiatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 tersebut, sempat dipertanyakan oleh Ketua RT 01,RW 09 Jalan Yogyakarta, Arniansyah. Pasalnya, menimbulkan kerumunan dalam jumlah besar. 

Menurut Arniansyah, alangkah baiknya KPU tidak menjadwalkan pemeriksaan kepada ratusan petugas hanya dalam satu hari langsung di setiap kelurahan, karena dirinya melihat, dalam proses pengambilan sampel darah di aula kantor kelurahan, para anggota KPPS berbondong-bondong datang tanpa menjaga jarak dan hal tersebut berpotensi menimbulkan klaster baru. 

"Kita ini kan masih dalam suasana covid. Sebaiknya diatur ulang. Mengingat Palangka Raya sudah merangkak kembali ke zona merah. Kita takut dengan adanya kerumunan sambil menunggu dites, bisa menimbulkan klaster baru. Memang, tahapan ini tidak bisa ditunda," tambah Arniansyah, Jumat (27/11/20).

Sementara itu, Ketua PPS Menteng, Jumikun mengakui, pihaknya mengikuti instruksi karena jadwal telah ditetapkan oleh KPU, sehingga pemeriksaan tes kesehatan dan rapid test ini, merupakan salah satu tahapan pilkada serentak yang harus dilakukan  pada masa pandemi Covid-19 ini. 

"Bagaimana ya, kami ini hanya menjalankan tugas saja karena yang buat jadwal itu langsung dari KPU. Kami melakukan rapid test bagi 693 petugas KPPS, pada hari yang sama juga bagi 180 orang anggota Linmas," ungkapnya. 

Sebagaimana diketahui sebelumnya, KPU Kota Palangka Raya, sangat memperhatikan betul calon petugas KPPS yang akan direkrut. Terutama mempertimbangkan batasan usia petugas, yakni usia 20-50 tahun sesuai ketentuan, pertimbangannya karena usia melebihi 50 tahun sangat rentan terhadap penularan Covid-19, petugas KPPS juga telah dipastikan tidak memiliki penyakit penyerta. 

Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan KPU, rapid test dilakukan pada 30 kelurahan di 5 kecamatan secara bergantian sejak 26 hingga 30 November. Total ada 4.354 anggota KPPS dan 1.244 petugas ketertiban TPS yang akan menjalani rapid test tersebut. Pada hari pertama Kamis lalu, diselenggarakan di Kelurahan Menteng, Petuk Katimpun, Panarung dan Tanjung Pinang serta Palangka. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00