Program Sejuta Guru Diyakini Akan Dorong Kualitas Pendidikan

KBRN, Palangka Raya : Guna mendorong kualitas pendidikan di Indonesia, Pemerintah Pusat akan membuka Program Sejuta Guru. Dengan demikian pemerintah melalui Kemendikbud membuka seluas luasnya para lulusan perguruan tinggi yang memiliki kualifikasi untuk ikut bersaing dan mengikuti program seleksi ini. Selain juga dengan program ini, persoalan kekurangan tenaga guru di pelosok diyakini akan berkurang.

Kepada RRI, Rektor Universitas Muyhamadiyah Palangka Raya, Sunedi Jumat (26/11/2020) mengatakan, program sejuta guru diyakini akan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia. Artinya segala kekurangan dan kosongan tenaga guru akan diisi oleh tenaga guru yang lebih trampil, cakap dan bermutu  . Program sejuta guru ini juga mendorong peran perguruan tinggi untuk mencetak lulusan keguruan dan pendidikan yang dibutuhkan oleh generasi masa kini. sunedi juga menyebut,program sejuta guru ini juga akan menjawab tantangan dunia pendidikan untuk mencetak lulusan yang mampu memenuhi kebutuhan dunia kerja .

“Diharapkan rekrutmen , standarisasi hingga penempatan sejuta guru ini nantinya benar benar matang sehingga mampu menjaring tenaga guru yang kredibel dan cocok di tempatkan di daerah yang diinginkan,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah , Kuwu Senilawati mnegungkapkan, pemerintah dituntut untuk melakukan kalkulasi yang matang. Terutama masalah dana dan anggaran untuk menggaji guru guru ini. Jangan sampai nanti pemerintah terbebani dengan banyaknya tenaga guru yang nantinya tidak terkelola dengan baik.

Program sejuta guru ini memang memberikan kesempatan berkarir bagi guru muda untuk menjalankan tugasny amengabdi dan mengajar. Namun demikian, tentu tetap ada kalkulasi yang matang sehingga nantinya guru ini akan terjamin dengan baik. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00