Jangan Remehkan Kebakaran dan Flu Saat Musim Penghujan

KBRN, Palangka Raya : Meskipun memasuki musim hujan, masyarakat harus  tetap mewaspadai bahaya kebakaran. Hal tersebut ditegaskan oleh Komandan Regu (Danru) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Sucipto.

Dirinya membeberkan, tercatat satu  peristiwa kebakaran dalam sepekan ini di Jalan Garuda, Palangka Raya. Kejadian tersebut menurutnya, ketika situasi diguyur hujan. Meskipun masih minim kejadian, lanjut Sucipto, bukan berarti tak ada bahaya kebakaran saat musim penghujan.

Sucipto menjelaskan, bahaya kebakaran saat musim basah bisa disebabkan oleh petir, arus pendek listrik, juga lilin untuk penerangan akibat pemadaman listrik. 

"Sebagai upaya mengantisipasi kebakaran, pihaknya telah menyiapkan mobil yang mampu menjangkau wilayah di Kota untuk memudahkan proses evakuasi korban ketika terjadi kebakaran," tambah Sucipto, Rabu (28/10/20).

Selain bahaya kebakaran, di tempat terpisah, Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah mengingatkan akan bahaya penyakit menular. 

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Edi Kelana,  warga diminta waspada terhadap penyakit yang kerap muncul di musim hujan khususnya di masa pandemi Covid-19 seperti diare, flu, batuk, demam berdarah dengue (DBD), hingga infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut, Edi mengingatkan agar selalu menjaga pola hidup sehat seperti memakan makanan bergizi, olahraga yang teratur sebagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit.

"Dalam situasi seperti saat ini dinkes terus proaktif memberikan sosialisasi mengenai peningkatan bahaya penyakit menukar juga  nyamuk DBD dan malaria yang biasanya datang pada musim penghujan," imbuhnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00