AHMAD FAUZI Juara Lomba Baca Berita Huma Betang RRI

KBRN, Palangka Raya : Lima Finalis beradu kebolehan mengolah suara atau vocal membaca berita berbahasa daerah “bahasa dayak” dalam Lomba Baca Berita bertajuk “Huma Betang” secara virtual atau zoom yang diselenggarakan oleh LPP RRI Palangka Raya dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda ke 92 tahun 2020 bertemakan Bersatu dan Bangkit. 

Kelima Finalis itu diantaranya Nicky Andika, Periantie Ayustina, Ahmad Fauzi, Elvina dan Siti Megawati Jaya Putri, kelima finalis ini berasal dari Kabupaten/kota bahkan ada dari Kalsel, satu persatu peserta diberi kesempatan membaca berita secara zoom dari rumah masing-masing didengar oleh dua Dewan juri Muston N.M Sitohang,Spd dari Balai Bahasa Kalteng dan Sudiarto,S.PT Plh.Kepala RRI Palangka Raya, selama lomba berlangsung secara zoom berjalan lancar.

Hari ini Selasa (27/10/2020) Final penentuan bagi kelima finalis, Ketua Juri Lomba Baca Berita Huma Betang RRI Palangka Raya, Sudiarto menjelaskan kegiatan ini semata mata untuk memeriahkan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, tujuan dilakukan Lomba Baca berita berbahasa daerah ini yaitu untuk mengajak generasi muda agar mencintai dan menghargai bahasa daerah, jangan sampai tergusur oleh bahasa asing.

"Benar sekali saya melihat belakangan ini bahasa daerah sudah mulai tergusur olah bahasa asing, banyak istilah istilah bahasa yang merusak tatanan berbahasa daerah, ini yang sangat dikhawatirkan,"ucap Sudiarto.

Sementara menurut Penilaian Juri Muston, bahwa seluruh penampilan para peserta semuanya bagus dan cukup menguasai bahasa daerahnya.

"Iya, saya pikir mereka semua terbaik, mereka juga sangat menguasai bahasa daerah, karena memang mereka orang asli sini, tadi ada yang kecepatan, ada yang lambat temponya, bahkan ada yang salah menyebut, tapi saya salut, mereka ikut lomba ini saja sudah bagus menurut saya,"pungkasnya.

Muston mengapresiasi upaya LPP RRI Palangka Raya yang telah mengadakan lomba seperti ini, ini merupakan upaya membantu pihak balai bahasa untuk melestarikan bahasa daerah bagi generasi muda.

"Kami sangat berterimakasih kepada RRI turut ambil andil menyelenggarakan lomba baca berita bernahasa daerah, dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda dan juga hari bahasa yang jatuh pada 28 Oktober, semoga kedepannya generasi muda ini dapat diberdayakan untuk melakukan penyuluhan kedaerah sosialisasikan bahasa daerah,"tutupnya.

Sementara Hasil penilaian dari kedua dewan Juri dibabak Final telah memutuskan, bahwa Ahmad Fauzi warga Kabupaten Pulang Pisau keluar menjadi juara pertama dengan nilai 485, kemudian juara kedua diraih Periantie Ayustina asal Palangka Raya dengan nilai 470, dan juara ketiga jatuh ketangan Nicki Andika asal Kalsel dengan nilai 465, serta harapan bersama diraih Elvina dan Siti Megawati Jaya Putri. Bagi peserta yang keluar sebagai juara mendapatkan uang pembinaan dan sertifikat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00