Dandim Jamin Kualitas Jembatan, Pemkab Kotim Sebut Sebagai Pemerataan Pembangunan

KBRN, Palangka Raya : Komandan Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke- 109 Kodim 1015/Sampit, Letkol CZI Akhmad Safari memastikan, tiga buah jembatan yang telah selesai dibangun di Desa Bapinang Hilir dan Babirah Kecamatan Pulau Hanaut kokoh dan kuat. 

Dandim mengatakan, bahwa jembatan merupakan bagian dari infrastruktur transportasi darat yang sangat vital dalam aliran perjalanan. Jembatan sering menjadi komponen kritis dari suatu ruas jalan karena sebagai penentu beban maksimum kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut. 

“Tiga jembatan yang dibangun melalui giat TMMD sudah sangat kuat dan Kokoh. Aman dilintasi kendaraan bahkan dengan beban berat. Jadi masyarakat tidak perlu takut melintasi jembatan," ungkapnya, Senin (26/10/20).

Dandim pun menegaskan bahwa material yang digunakan untuk pembangunan merupakan kayu berkualitas tinggi, menggunakan pondasi berukuran sangat besar dan papan lantai yang tebal. 

“Saya sudah meninjau hasil pembangunannya, selesai 100 persen. Jadi sasaran fisik TMMD Reguler 109 Kodim Sampit yaitu membuka akses Di Desa Bapinang Hilir dan Babirah, Kecamatan Pulau Hanaut. Semua hasil pembangunan ini kita buat dengan mengutamakan kualitas,” tambahnya. 

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur sangat bersyukur proses pembangunan bisa berjalan lancar dan sukses.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur, Nur Aswan mengatakan, kegiatan TMMD sangat membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan desa terpencil.

Terlebih, lokasi yang dipilih dalam kegiatan TMMD ini merupakan desa terisolasi, sehingga mendapat sambutan gembira oleh masyarakat karena berdampak positif terhadap kelancaran aktivitas.

"Masyarakat kami sangat senang karena desa mereka dibantu melalui TMMD. Kami pemerintah daerah juga sangat berterima kasih karena kegiatan ini sangat sejalan dengan upaya percepatan pemerataan pembangunan," kata Nur Aswan. 

Dampak dari sasaran fisik dalam kegiatan TMMD bagi ekonomi masyarakat setempat cukup besar. Sasaran non fisik juga sangat bermanfaat bagi pembangunan sumber daya manusia masyarakat desa.

"Hasil terlihat dengan jelas dampaknya terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Pemerintah daerah sangat berterima kasih karena TMMD sangat membantu percepatan pembangunan daerah terpencil," pungkas Nur Aswan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00