Antisipasi Banjir Saat Hujan, Warga Bumi Palangka , Normalisasi Drainase

KBRN, Palangka Raya : Sejumlah warga di Perumahan Padat Penduduk Bumi Palangka III, RT 14 RW 14, menggelar kerja bhakti rutin pada Minggu Pagi (18/10/20), guna membersihkan saluran drainase atau parit yang selama ini buntu, akibat tersumbat pasir dan rumput. Kerja bhakti dihadiri puluhan warga, dimulai dari jam 07.00 pagi hingga jam 10 siang.

Salah satu warga yang ikut kerja bhakti Ariyadi mengatakan, kegiatan membersihkan lingkungan dilakukan secara rutin, sebagai antisipasi banjir di musim penghujan, mengingat dalam beberapa hari ini, Kota Palangka Raya selalu hujan, dampaknya beberapa ruas jalan dan permukiman menjadi tergenang air.

“Kami melaksanakan kerja bhakti, sebagai bentuk tanggung jawab dan  kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar, karena dari pembiaran tidak rutin dibersihkan, akan mengakibatkan nyamuk mudah berkembang biak, dan munculnya wabah penyakit lainnya,” Kata Lelaki yang juga Instalatir Listrik.

Untuk itu ia berharap semua warga masyarakat, terutama di komplek Bumi Palangka III, dapat lebih berperan aktif, minimal membersihkan parit di depan rumah sendiri setiap hari, dan ikut kerja bhakti bergabung dengan masyarakat, minimal sebulan sekali.

Sementara itu, menanggapi kegiatan kerja bhakti rutin di permukiman padat penduduk, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Palangka Raya Albert Tombak, menyambut baik inisiatif  warga, sebab tanggung jawab kebersihan lingkungan, bukan hanya diserahkan kepada pemerintah, tetapi warga, karena mereka yang paling dekat dengan permasalahan banjir, juga wajib ikut andil membersihkan serta merawat lingkungan kotor.

Albert menambahkan, upaya menata drainase layak di permukiman, sebenarnya masih menjadi tanggung jawab pengembang perumahan bersubsidi, tugas warga hanya melakukan perawatan, namun bila kenyataan di lapangan,  ada ditemukan ukuran parit tidak sesuai standar perumahan,  seharusnya warga bisa mengajukan protes, untuk minta dibenahi.

“Sebagai antisipasi hujan, pihaknya mengajak masyarakat, terus bersinergi dengan pemerintah, membersihkan selokan yang banyak tumpukan pasir dan sampah, agar laju air saat hujan deras, bisa mengalir dengan lancar menuju ke drainase induk,” Pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00