Bantu Warga, Gubernur Sugianto Launching Bantuan UMKM Berkah

KBRN, Palangka Raya : Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran melakukan launching kredit program melawan rentenir UMKM Berkah. Selain itu, Gubernur Sugianto Sabran juga melakukan penyerahan bantuan stimulan ekonomi dana insentif bertempat di Aula Jayang Tingang Lt. II Kantor Gubernur Kalteng, yang dirangkai secara virtual, dihadiri juga  oleh Mentri  Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Marzuki, serta sejumlah pemangku kepentingan, hingga Dirut Bank Kalteng Yayah Diasmono, Rabu (23/9/2020).

Acara secara  virtual video conference diikuti oleh Bupati  dan  Direktur PT. Bank Kalteng, serta perwakilan managemen Bank Kalteng Se Kalimantan Tengah.Dalam arahanya, Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Marzuki melalui virtual mengampresiasi langkah Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, melalui Pemprov dan Bank Kalteng, membantu masyarakat untuk membangkitkan perekonomian, khusunya pelaku UMKM di wilayah Kalteng. 

“Saat ini, dalam masa pandemi covid-19 ini UMKM sangat terdampak, dengan program bantuan dan kredit ini, paling tidak kita bisa mengurangi pengangguran, pemerintah pusat fokus mencari solusi kepada pelaku usaha. Kami dari Kementrian sangat mengapresiasi kepada Gubernur Kalteng sudah melakukan langkah-langkah diantaranya  memberikan bantuan kepada pelaku usaha, “ kata Mentri Teten Masduki, memberikan apresiasi. 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersinergi dengan PT. Bank Kalteng melaksanakan program UMKM Berkah dalam rangka membantu pelaku UMKM agar tidak terjerat pinjaman dengan bunga tinggi dari rentenir. Dalam tahap awal program UMKM Berkah akan disalurkan bantuan langsung UMKM Berkah kepada 2.171 pelaku UMKM dan kredit UMKM Berkah kepada 294 debitur UMKM. Gubernur Sugianto Sabran  juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Wakil Walikota Palangka Raya Umi Mastikah, pelaku UMKM, Kepala Sekolah, dan perwakilan pelajar lainya. 

“Ini upaya pemerintah dalam membantu masyarakat termasuk juga pelaku UMKM yang terdampak covid-19. Kami merealisasikan keinginan warga mengenai bantuan dan kredit yang minim untuk membantu UMKM kita. Mudah mudahan, ini dapat membantu semuanya sehingga perekonomian juga berdampak baik, dan penanggulangan penanganan covid-19 di Kalteng dapat terus dilakukan dengan baik,” kata Gubernur Sugianto. 

Dalam kesempatan itu juga, hadir  Inspektur Kalteng H. Sapto Nugroho, Direktur Bank Kalteng Yayah Diasmono, Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ati Mulyati, dan beberapa Perangkat Daerah terkait.

Sementara, Dirut Bank Kalteng Yayah Diasmono, menyebutkan UMKM  berkah melawan rentenir itu bagian dari ide dari Gubernur Sugianto Sabran, dalam upaya pemerintah membantu masyarajat terdampak covid-19 khususnya di dunia usuaha kecil dan menengah.

“Dari berbagai masukan ke pa Gubernur, dan melakukan koordinasi sehingga ada ide cemerlang pa Gubernur untuk pemerintah bersama Bank Kalteng membuat program membantu masyarakat terumatama kawan kawan UMKM,” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00