Usai Pengukuhan, Pengurus SMSI langsung lakukan aksi peduli kurban banjir.

KBRN, Palangka Raya : Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalimantan Tengah periode 2020-2025 secara resmi dilantik oleh pengurus SMSI Pusat, Senin Pagi (21/9/2020) di Hotel Neo Kota Palangka Raya. Pelantikan tersebut sangat sakral, mengingat sebelumnya sempat tertunda beberapa bulan, lantaran terkendala pandemi covid 19. Di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), pengukuhan pengurus berlangsung dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Pengurus SMSI Kalimantan Tengah H Sutransya, usai pelantikan kepada RRI mengatakan, sejak dinyatakan sebagai konstituen dewan pers,  Pengurus SMSI Kalimanta Tengah sudah terbentuk sejak lama, dan aktif melakukan berbagai kegiatan yang bersifat sosial, seperti membagikan masker dan sembako kepada warga tidak mampu terdampak covid 19, bukan hanya itu, SMSI Kalteng juga turut peduli terhadap musibah banjir yang dialami warga di Kabupaten Katingan, dengan memberikan donasi uang hasil penggalangan dana interbal pengurus SMSI.

“Kita bersyukur pelantikan pengurus SMSI bisa dilaksanakan di tengah wabah pandemi covid 19, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, ibarat sebuah acara, hari ini adalah resepsinya, dalam kesempatan ini, kami juga melakukan aksi peduli, dengan memberikan bantuan secara simbolis diserahkan kepada perwakilan warga Katingan yang di landa banjir selama sepekan belum surut,” Tutur Mantan Ketua PWI 3 periode.

Sutran menambahkan setelah dipercaya menjadi ketua SMSI Kalteng, pihaknya bertekad memberikan yang terbaik kepada media khususnya siber atau online yang ada di Kalimantan Tengah, antara lain menggelar diskusi denga mitra kerja dan memberikan  kesejahteraan kepada media yang tergabung di SMSI termasuk wartawannya.

Sementara itu, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Delianur ,mewakili Ketua Umum DPP SMSI Pusat mengatakan, hampir seluruh Provinsi di Indonesia sudah terbentuk pengurus SMSI, otomatis hal ini akan mempermudah kordinasi dan sinergi antar daerah dengan pengurus pusat. Pihaknya juga mendorong peningkatan kualitas jurnalis online dengan mengikuti berbagai pelatihan di tingkat daerah.

“Jurnalis harus mengedepankan kejujuran dan fakta di lapangan dalam menulis sebuah berita, yang paling penting wartawan melakukan  verifikasi dari narasumber terkait berbagai peristiwa penting, guna menghindari berita opini dan hoaks, apalagi saat ini masyarakat dihadapkan dengan kecanggihan tehnologi di media sosial, harus selektif dalam menerima informasi,” kata Delianur

Disamping itu, jelang Pilkada, Delianur mengajak seluruh pengurus SMSi di Kalteng, dapat mengedepankan netralitas dan profesionalitas dalam menulis berita online, karena tak dapat dipugkiri peran pers atau media sangat besar menyukseskan perhelatan demokrasi di indonesia.

Sementara itu, pelantikan pengurus SMSI Kalimantan Tengah juga dirangkaikan dengan diskusi  mengangkat tema " Menakar Independensi Penyelenggara dan Pengawas Pilkada" di Kalimantan Tengah.  Menghadirkan pembicara pakar dibidangnya antara lain  Guru Besar IAIN Palangka Raya, Prof Hamdanah, Ketua Bawaslu Kalteng  Satriadi dan Perwakilan Pengurus SMSI Pusat Delianur (Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00