PMI Kalteng : Donor Darah Tak Tularkan Covid 19

KBRN Palangka Raya : Palang Merah Indonesia atau PMI Kota Palangka Raya membantah jika berdonor darah akan menularkan virus covid 19. Hingga kini belum ditemukan fakta atau bukti yang valid jika virus covid 19 ditularkan melalui donor darah.

Hal ini ditegaskan Wakil Ketua Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan Pengurus Provinsi Kalteng, dr Arnold Singarimbun kepada RRI, Kamis (17/09/2020). Dijelaskan Arnold, di masa pandemic covid 19, semua orang dilanda ketakutan akan penularan covid 19. Termasuk penularan yang mungkin akan terjadi melalui donor darah. Padahal sebenarnya, tidak ada fakta atau pembuktian yang menyatakan bahwa virus termasuk covid 19 menular melalui donor darah. Disebutkan Arnold, kegiatan donor darah yang dilakukan PMI sudah cukup aman dan memenuhi prosedur sterilisasi. Sebelum pendonor diambil darahnya telah dilakukan uji dan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memasstikan darah yang ditransfer tidak bermasalah. Arnold meminta masyarakat tak perlu ragu dan takut untuk berdonor di masa pandemic.

“Tidak ada kaitan antara berdonor darah dengan penularan covid 19, karena donor darah tidak pernah menimbulkan kelainan atau gangguan kesehatan”, jelasnya.

Lebih jauh Arnold juga menambahkan ada sejumlah manfaat seseorang mendonorkan darahnya. Salah satunya adalah mampu menurunkan tekanan darah . Selain juga memacu keseimbangan sirkulasi darah antara produksi dan pemakaian darah tersebut. (NATA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00