Polisi Ungkap Dua Pelaku Pembakaran Fasilitas Perkantoran dan Gedung Di Palangka Raya

KBRN, Palangka Raya : Dalam sepekan, Kebakaran gedung perkantoran  dan Gedung Olah Raga milik universitas palangka raya terjadi di Palangka Raya, beruntung Polresta Palangka Raya bergerak cepat, dan mengungkap pelakunya.

Kapolresta Palangkaraya Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri mengatakan, dua tersangka HT (16) dan GT (26) berhasil diamankan jajaran kepolisian sehari setelah peristiwa kebakaran gedung olah raga dan seni di jalan RA Kartini.

“Dari pengakuan kedua pelaku, awalnya hanya membakar sampah plastik sekitar gedung, kemudian setelah ditinggal, tiba tiba api membesar dan membakar gedung yang sebagian besar terbuat dari kayu,” Kata Jaladri kepada RRI Rabu (16/9/20)

Keduanya saat ini tengah menjalani rekonstruksi dan terkena ancaman Pasal 188 KUHP berbunyi: "Barang siapa karena kesalahan (kealpaan) menyebabkan kebakaran, ledakan atau banjir, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun.

Sementara itu, menyikapi maraknya kembali kebakaran di Gedung Perkantoran Dan Gedung, Kepala Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Manusia, Kota Palangka raya Goriana Anden menyesalkan kejadian tersebut terjadi. Ia menilai, kebakaran terjadi sebagian besar diakibatkan kelalaian penghuni rumah dan arus pendek akibat pengaturan kabel listrik tidak rapi.

“Masyarakat seringkali mengabaikan hal hal sepele yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran, contoh nyata warga ketika membakar sampah atau plastik, seharusnya dipantau sampai api benar benar padam. Terbukti kebakaran di dua gedung yang ditaksir kerugian mencapai 1 miliar lebih, diakibatkan oleh arus pendek dan kelalaian,” ujarnya

Ia berharap, gedung perkantoran dengan arsip penting dan barang berharga lainnya, dapat menempatkan petugas jaga malam,  agar ketika terjadi percikan api dapat diantisipasi sejak dini, dan mencegah segelintir oknum berbuat jahat melakukan pembakaran dengan sengaja, seperti kasus terbakarnya puluhan gedung sekolah dasar di Palangka Raya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00