Penegakan Hukum di Tubuh Kejati dan Polda Kalteng Tanpa Pandang Bulu

KBRN, Palangka Raya : Penegakan hukum bagi aparat yang terlibat hukum akan tetap dilakukan tanpa pandang bulu. Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Seksi Penerangan Hukum, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Tengah (Kalteng), Rustianto kepada RRI. 

Diakui Rustianto, belajar dari kasus dugaan keterlibatan salah seorang jaksa wanita dalam tindak pidana Djoko Tjandra, pihak Kejati telah mewanti-wanti semua jaksa serta pegawai lainnya di jajaran Kejati, agar tetap mengedepankan integritas untuk menghindari perbuatan tercela yang bisa mencoreng nama institusi.

Rustianto menambahkan dalam internal juga telah dilakukan pengawasan melekat (waskat) dari masing-masing atasan. Waskat ini lanjut Rustianto, dengan metode dua tingkat ke bawah, misalnya asisten mengawasi kasi dan kasubsi.Insert

“Apabila memang benar ada yang terbukti melakukan tindakan tercela, salah satu jalan akan dilakukan pemeriksaan oleh bidang pengawasan. Sejauh ini untuk di Kalteng, alhamdulilah tidak ada pelanggaran yang dilakukan,” tambah Rustianto, Kamis (13/8/20).

Sementara itu di tempat terpisah, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melalui Kabid Humas Kombes Pol Hendra Rochmawan menegaskan, tidak pernah melindungi anggota kepolisian yang memang terjerat kasus hukum. 

Itu artinya ditambahkan mantan Kapolresta Palangka Raya ini, penindakan hukum di tubuh Polri tidak pandang bulu, sehingga bagi siapa saja diduga terlibat akan ditangani segera oleh bidang propam.

Hendra mencontohkan, seperti kasus narkoba melibatkan sejumlah personel. Kapolda dengan tegas mengatakan, tidak segan-segan melakukan penindakan, bagi siapa saja personel yang ketahaun mengkonsumsi maupun terlibat dalam peredaran gelap narkoba.

"Berdasarkan laporan dari masyarakat dan juga pengecekan langsung ke lapangan akan kita tangani. Penegakan hukum tidak akan terbang pilih. Kalau yang bertentangan dengan hukum, tetap diproses," pungkasnya. 

Kapolda ditambahkan Hendra juga telah meminta kepada seluruh pimpinan polres jajaran di setiap daerah, agar mengawasi ketat para personelnya. Apabila ada yang terlibat dalam kasus hukum, segera ditindak sesuai aturan yang berlaku.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00