Gubernur dan Kapolda Hadiri Rakor Damang dan DAD se-Kalteng

KBRN, Palangka Raya: Rapat koordinasi damang dan Dewan Adat Dayak (DAD) se-Kalimantan Tengah dihadiri 107 damang. Acara pembukaan Rakor Damang dan DAD dilangsungkan di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng pada Rabu (12/8/2020).

Ketua DAD Kalteng, Agustiar Sabran, mengatakan rakor tersebut diantaranya bertujuan meningkatkan kesatuan dan kebersamaan DAD dengan damang kepala adat se-Kalteng. Selain itu, diagendakan pula konsultasi Pergub Nomor 1 tahun 2020 yang mengakomodir kepentingan peladang tradisional.

"Perjuangan kita menyangkut juga soal hutan adat dan hutan sosial. Perjuangan supaya ada kejelasan," ujar Agustiar.

Dalam sambutan pada acara pembukaan Rakor, Ketua Dewan Kehormatan DAD Kalteng, Gubernur Sugianto Sabran, meminta damang, mantir adat, DAD dan Kepala Daerah membantu sosialisasi pengendalian penyebaran Covid-19 kepada masyarakat.

"Dan masyarakat, pimpinan Cuma bisa menghimbau tapi ini butuh kesadaran masyarakat. Masayrakat harus mengetahui secara dini kalau tanda-tanda Covid-19 itu bagaimana? Ini bupati walikota sampaikan dan sebarkan ke masyarakat," ujar Gubernur Kalteng.

Gubernur Sugianto juga menyebutkan, saat ini pemerintah selain fokus menangani dan mengantisipasi covid-19 juga melakukan upaya pemulihan perekonomian secara bertahap.

Gubernur Kalteng juga menyampaikan agar rencana pemerintah pusat membangun food estate di Kalteng untuk ketahanan pangan nasional harus didukung. Damang, mantir adat, dan DAD se-Kalimantan Tengah diminta turut memberi pemahaman kepada masyarakat sampai ke tingkat desa agar mendukung pembangunan pertanian modern di Kalteng.

Turut hadir dalam pembukaan Rakor Damang dan DAD se-Kalteng Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo yang sekaligus menerima gelar kehormatan adat Dayak. Nampak hadir pula sejumlah kepala daerah diantaranya Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo, Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri, Sekjen MADN Yakobus Kumis, dan tokoh-tokoh Dayak Kalteng lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00