HUT KE 75 RI, Pembangunan Belum Dinikmati Kaum Kecil

KBRN, Palangka Raya : Hari Kemerdekaan RI yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus menjadi momentum refleksi bagi semua elemen masyarakat dan elemen bangsa. Ada berbagai bahan perenungan untuk memaknai sekaligus mewujudkan rasa cinta tehadap tanah air dan bansga tercinta. Terutama soal tujuan negera dibentuk yakni menciptakan keadilan sosial dan kesejahteraan bagi segenap rakyat Indonesia. Sudahkah di hari kemerdekaan RI yang 75 tahun ini tujuan itu tercapai.

Kepada RRI, seorang sosiolog Universitas Palangka Raya, Ferri Irawan Rabu (12/08/2020) mengungkap, masih banyak tugas besar menanti demi tercapainya tujuan mulai Negara yakni memberikan keadilan sosial dan kesejahteraan ini. Saat ini masih terdapat kesan kesenjangan sosial dan kurangnya pemerataan di sana sini dimana belum semua warga amsyarakat merasakan hikmahnya. Ia justru mempertanyakan sebuah realita yang kontradiksi dimana semua sibuk melakukan pembangunan namun semua ini justru tidak sedikitpun tidak membawa manfaat apapun bagi kaum kecil. Walaupun rumah sakit dibangun, sekolah ditebar di mana mana, namun tetap saja yang miskin tetap msikin sementara yang kaya justru semakin kaya. Ia mengingatkan bahwa segala sarana pembangunan yang kini  hadir untuk menunjang segala macam aktivitas masyarakat hanya berputar dan berkisar kepada orang tertentu saja. Ia meminta agar memandang kesejahteraan hanya dari aspek materi saja.

“ Kesejahteran juga menyangkut rasa adil, rasa aman, rasa tentram , dan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Inilah yang disebut Ferry sebagai bagian yang harus diselesaikan dan ditunaskan baik elemen masyarakat bangsa dan pemerintah sendiri”, terangnya. (NATA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00