Penarikan Retribusi Pelayanan Pemakaman Kota Palangka Raya Menunggu Perda

KBRN, Palangka Raya: Target retribusi daerah untuk pelayanan pemakaman di TPU Kota Palangka Raya belum dapat terpenuhi sejak tahun 2015. Pasalnya, Peraturan Daerah sebelumnya yang mengatur retribusi pemakaman sudah tidak berlaku.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Palangka Raya, Imbang Triatmaji, mengatakan sampai saat ini Perda Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat belum diterbitkan.

Imbang menjelaskan Perda yang telah disahkan DPRD Kota Palangka Raya tersebut sudah diajukan ke Gubernur Kalteng dan selanjutnya ke Menteri Dalam Negeri. Berdasarkan evaluasi Kementrian Dalam Negeri, lanjut Imbang, Perda yang mengatur retribusi pelayanan pemakaman tersebut dapat dilaksanakan namun hingga kini fisiknya belum diterima Pemko Palangka Raya.

“Tetapi kita sudah komunikasi terus dengan pengelola pemakaman sewaktu-waktu itu diperlukan itu sudah siap, karena sudah lama kita sosialisasikan itu akan ada kenaikan untuk retribusi pemakaman dan pengabuan mayat. Contoh untuk tahun-tahun sebelumnya retribusi untuk satu lubang itu Rp 25 ribu. Tahun ini sesuai dengan Perdanya itu Rp 100 ribu,” ujar Imbang kepada RRI, Kamis (6/8/2020).

Kadisperkimtan Kota Palangka Raya itu mengatakan target retribusi pemakaman setiap tahun sebesar Rp 25 juta rupiah. Namun sejak 2015 target tersebut tidak dapat terealisasikan karena Perda yang mengatur retribusi pemakaman sudah tidak berlaku.

Diharapkan, Perda Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat Kota Palangka Raya dapat segera terbit tahun ini dan disusul Peraturan Walikota yang mengatur rincian di lapangan.

Tempat Pemakaman Umum (TPU) milik Pemerintah Kota Palangka Raya yang berada di Kilometer 12 Tjilik Riwut telah dibuka sejak 2010. Lahan seluas total 100 hektar tersebut diperuntukkan bagi berbagai kalangan baik bagi umat Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Kaharingan, Budha dan Kong Hu Cu. (foto:info publik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00