Tiga Sapi Disembelih, BKKBN Kalteng Berbagi Hewan Kurban Kepada Warga Tidak Mampu

KBRN, Palangka Raya : Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Tengah menjalankan sunnah Rasul, melakukan kurban ditengah kondisi pandemi Corona Virus (covid19), menyembelih tiga (3) ekor sapi dengan bobot total kurang lebih 300 kg dibagikan ke warga yang tidak mampu, mitra dan karyawan BKKBN Kalteng dimomen merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H.

Penyembelihan berlangsung Sabtu pagi (01/08/20), di belakang kantor Perwakilan BKKBN Kalteng, sebelum disembelih didoakan terlebih dahulu, penyembelihan atau pemotongan hewan kurban melibatkan karyawan BKKBN itu sendiri, di bawah Ketua Panitia dr.Fitrianto.

Ketua Panitia Pemotongan Hewan Kurban BKKBN Kalteng, dr.Fitriyanto menjelaskan kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh karyawan muslim BKKBN Kalteng, karyawan muslim BKKBN menabung tiap bulan untuk berkurban dan termasuk ada mitra kerja yang mau berkurban dengan BKKBN. Tahun ini ada tiga ekor sapi dikurbankan, 600 kupon disediakan panitia dan dibagikan kepada warga yang tidak mampu, setiap warga dibagi satu kantong plastik berisikan daging sapi 1kg, termasuk mitra, dan karyawan BKKBN.

Menurut dr.Fitriyanto berkurban merupakan sunnah rasul, seperti Nabi Ibrahim memberi contoh kepada umatnya melakukan kurban, sehingga bagi orang yang mampu wajib berkurban dan dibagikan kepada farkirmiskin atau orang yang tidak mampu.

"Iya, kita sudah bagikan kupon sebanyak 600 kupon kepada warga sekitar termasuk warga yang tinggal dibarak atau kos kosan, mereka mengambil daging kurban dengan menunjukkan kupon yang sudah dibagikan panitia, alhamdullilah, teman teman karyawan saya sekantor mau berkurban meski diterpa pandemi covid19, mereka tetap bersemangat ingin berbagi dengan sesama meskipun ditengah perekonomian sulit,"tuturnya sambil membagikan daging sapi kepada warga.

Makna Hari Raya Idul Adha tahun ini meskipun ditengah pandemi corona BKKBN hadir untuk meningkatkan ketahanan pangan didalam keluarga yang ber KB.

"Jika dikaitkan dengan program kerja BKKBN dengan berkurban ada kaitannya di delapan fungsi keluarga yaitu fungsi agama, berbagi, bersedekah bagi sesama, dan fungsi sosialisasi lingkungan, kita juga berbagi sesama lingkungan dan kita juga mengamalkan fungsi agama sesuai sunnah ibrahim"imbuhnya.

dr.Fitriyanto berharap tahun depan tetap mengadakan kurban tentu didukung oleh karyaman muslim BKKBN dan mitra yang mempercayakan BKKBN berkurban, untuk bersemangat bersedekah berbagi dengan sesama.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00