Disdik Perbolehkan Dana Bos untuk Beli Kuota Internet Siswa

KBRN, Palangka Raya : Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) memperbolehkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) digunakan untuk membeli kuota internet agar siswa bisa belajar di rumah. 

Kepala Disdik Barsel, Suaib kepada RRI mengatakan, kebijakan ini diambil untuk meringankan beban orangtua dalam proses belajar berbasis daring dengan menggunakan ponsel android, lantaran pasti ada keluarga yang tidak mampu membeli kuota internet.

Meski demikian, Suaib mengakui, jumlah dana BOS yang dimiliki oleh pihak sekolah, tidak mampu mengakomodir semua kebutuhan dari peserta didik, sehingga dirinya meminta kepada orangtua atau wali bisa memaklumi hal tersebut. 

"Iya, paket dari dana BOS. Tapi kan terbatas. Kalau situasi pandemi ini masih berkepanjangan, kemampuan dari sekolah pasti terbatas juga, dana yang ada tidak cukup," ujar Suaib, Rabu (15/7/20)

Suaib menambahkan, hal ini bisa dimanfaatkan bagi sekolah yang masih terkendala kuota internet, guna menunjang pembelajaran secara online di rumah. Namun, Suaib juga mengharapkan, kepada pihak sekolah agar tetap mengikuti aturan teknis terkait pembelian kuota internet tersebut, agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. 

Seperti diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim ketika telekonferensi peluncuran Program Belajar dari Rumah, di Jakarta, beberapa waktu lalu menegaskan, untuk mendukung pembelajaran dari rumah selama masa pandemi Covid-19 ini, guru dan siswa dapat mengunakan dana BOS untuk membeli kuota internet. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00